Favorit, Pendaftar SMAN 3 Semarang Didominasi Jalur Prestasi

SEMARANG – Hasil seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK di Jawa Tengah secara resmi telah diumumkan. Hasilnya di sejumlah sekolah justru jalur prestasi mendominasi. Salah satunya di SMA Negeri 3 Semarang dimana pendaftar melalui jalur prestasi sebanyak 213 calon siswa dari kuota sebesar 382 kursi.

Penyuluhan Obat-obatan pecahkan rekor Muri
Wali Kota Hendi memberikan sambutan di penyuluhan penyalahgunaan obat-obatan di SMA Negeri 3 Semarang, Senin (29/4). Foto: metrojateng.com/dok

Pengumuman seleksi PPDB SMA/SMK tahun 2018 sendiri disambut hangat oleh para siswa. Salah satunya terlihat di SMAN 3 dimana Kamis (12/7)siang sejumlah siswa yang dinyatakan diterima di sekolahan tersebut langsung melakukan daftar ulang.

Mereka mengaku bangga dapat bersekolah di sekolahan impiannya itu. Salah satunya adalahJoshua Adi Poernomo yang merupakan lulusan SMP Negeri 21 Semarang ini.

‘’Saya senang dapat diterima di SMA Negeri 3Semarang melalui jalur prestasi, yakni juara satu cherleader di Singapura. Sekolahan ini adalah sekolah favorit impian saya,’’ katanya.

Untuk kuota di SMA Negeri 3 Semarang sendiri, diakuiKetua PPDB sekolah tersebut Maskur, ada sebanyak 384 kursi dan secara keseluruhan sudah terisi. Dari kuota tersebut diakuinya pendaftar terbanyak merupakan dari jalur prestasi.

‘’Dimana jalur prestasi mencapai 213 calon siswa dan 143 di antaranya langsung diterima lantaran berprestasi juara satu nasional dan juara satu, dua, tiga dalam kejuaraan internasional,’’ terangnya.

Sedangkan yang lainnya hanya mendapatkan tambahan nilai. Sementara dari jalur miskin, kata Maskur, terdapat 67 orang. Dan anak guru 3 orang serta domisili alasan khusus sebanyak 38 siswa.

Sementara itu di SMA Negeri 5 Semarang, dari total siswa yang diterima sebanyak 384 orang, pengguna jalur prestasi ada 80 siswa dan 21 di antaranya langsung diterima dengan prioritas utama. ‘’’Sedangkan pengguna jalur miskin sebanyak 23 persen atau 90 calon siswa,’’ kata Titi Priyatiningsih, Kepala SMA Negeri 5 Semarang

Untuk daftar ulang sendiri para peserta didikSMA/SMK yang dinyatakan diterima di sekolah negeri diberikan kesempatan hingga hari Jumat (13/7) besok. Siswa yang tidak mendaftarkan ulang akan dinyatakan gugur pendaftrannya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

2 + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.