Es Cendol Segarkan Coblosan di TPS “Piala Dunia” 

DEMAK – Ada yang seru di tempat pemungutan suara (TPS) Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak. TPS bernuansa piala dunia ini menyediakan es cendol bagi warga yang telah menyalurkan hak suaranya dalam Pilgub Jateng 2018.
pilkada jateng
TPS “Piala Dunia” di Demak. (foto: metrojateng/MJ-23)
Beberapa ornamen bernuansa olahraga nomor satu dunia mendominasi TPS yang diketuai oleh Herry Susanto (36). Bendera peserta World Cup dan bola tergantung rapi, demikian juga foto pemain dunia yang berlaga di laga sepak bola internasional itu.
Menurut Kepala Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah Demak, Wiryadi Agung Raharjo, pendirian TPS unik bertema piala dunia ini,  atas inisiatif warga, momentumnya pas bertepatan dengan perhelatan piala dunia 2018 di Rusia.
“KPPS nya anak – anak muda,  jadi mereka lebih kreatif dan bisa mengeluarkan ide – ide liarnya.  Momentum piala dunia ini dimanfaatkan untuk mendekorasi TPS dengan pernak pernik piala dunia,  agar lebih menarik perhatian warga untuk datang ke TPS, ” kata Agung, Rabu (27/6/2018).
Pendirian TPS bertema piala dunia ini dilakukan, selain untuk menarik perhatian juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018. Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) , sebanyak 422 pemilih terdaftar di TPS 5 yang terdiri dari 209 pemilih laki – laki dan 213 pemilih perempuan.
“Dari pengalaman Pilgub sebelumnya, partisipasi warga rendah sekali,  karena itu pada Pilkada Jateng kali ini, dibikin unik untuk menarik warga datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, ” ujarnya.
Selain unik, bagi warga yang datang mencoblos di TPS 5 , juga mendapatkan minuman es gempol gratis dari panitia, dengan menunjukan jari yang basah oleh tinta,  sebagai bukti telah menggunakan hak pilihnya.
” TPS nya bagus dan unik.  Penuh ornamen bola. Pas sekali dimanfaatkan panitia untuk menyemarakan piala dunia.  Dapat bonus es gempol lagi, “Amin junaedi (54), seusai mencoblos.
Desain yang unik dan kental dengan nuansa piala dunia, selain menarik minat warga juga dimanfaatkan untuk foto selfie , dengan memanfaatkan latar belakang TPS.
Kabar adanya TPS piala dunia itu,  juga menarik Manajer FC Bhayangkara Muda,  Maesa Soegriwo untuk datang meninjau lokasi.  Maesa yang juga Kapolres Demak itu,  ikut  pelaksanaan pemungutan suara di TPS tersebut.
“Bagus ini. Kreatif.  Apalagi momentumnya juga pas.  Sejauh ini pelaksaan pemungutan suara di Demak kondusif, ” kata Maesa. (MJ-23)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 24 = 32

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.