Beranda JATENG RAYA Empat Hari Mengambang di Tengah Laut, Tiga Nelayan Cilacap Diselamatkan Kapal Pengangkut...

Empat Hari Mengambang di Tengah Laut, Tiga Nelayan Cilacap Diselamatkan Kapal Pengangkut Batu Bara

18
0
BERBAGI

image

CILACAP – Tiga nelayan Cilacap ditemukan selamat setelah terombang-ambing di lautan lepas selama empat hari. Nasib nahas yang menimpa mereka berawal saat perahunya terbalik dihantam ombak, Selasa (26/7) lalu.

Regu Basarnas Kantor Semarang saat dihubungi metrosemarang.com menyatakan ketiga nelayan yang selamat itu bernama, Marijan (50), Maidin (41) dan Arif (30).

Mulwahyono, seorang anggota Basarnas mengatakan, peristiwa nahas yang menimpa tiga nelayan Cilacap itu bermula tatkala mereka berangkat melaut Selasa malam, pukul 22.00 WIB.

Saat itu, kondisi cuaca sedang buruk, persis seperti imbauan BMKG yang menyebut tanda bahaya di lautan mengingat ombak Pantai Selatan ketinggiannya mencapai 5 meter. Meski begitu, ketiganya tak mengindahkan peringatan tersebut dan tetap melaut.

“Pada pukul sepuluh malam lebih, usai menebar jala di perairan Kebumen, tiba-tiba perahu diterjang ombak hingga terbalik serta mengalami kebocoran,” ungkap Mul yang mengaku langsung mendapat cerita dari ketiga nelayan itu.

Namun beruntung, nyawa mereka selamat walaupun terombang-ambing di lautan lepas selama empat hari. Mul bilang, mereka bisa menyelamatkan diri dari terjangan ombak setelah berpegangan pada perahu.

“Meskipun tenggelam, tapi perahunya masih mengambang karena terbuat dari fiber” akunya.

Kapal tugboat (TB) Oktianus yang kebetulan melihat mereka di lautan akhirnya menyelamatkan dan membawanya ke rumah sakit terdekat. Kini, ketiga nelayan tersebut telah dilarikan ke RSUD Cilacap untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Dilain pihak, kapten kapal tugboat (TB) Oktianus, Beni menceritakan ihwal penyelamatan tiga nelayan yang ada di wilayah Samudera Indonesia tersebut.

“Kami yang hendak ke PLTU Bunton Adipala Cilacap membawa batubara dan di tengah perjalanan pada pukul setengah tujuh pagi kami menemukan ketiga nelayan tersebut” ujarnya.

Ia mengaku, semula melihat mereka saat melintas di perairan Purworejo, dalam posisi berpegangan pada perahu yang terbalik. “Kondisinya sangat lemah waktu ditemukan,” katanya.

Penemuan tersebut langsung diinformasikan ke Basarnas Pos SAR Cilacap dan Lanal setempat. Mul menambahkan, “Kami yang sedang melakukan pemantauan adanya nelayan yang hilang segera melakukan penjemputan.”

Selanjutnya, Pos SAR Cilacap beserta tim SAR dari TPKL langsung bergerak ke kapal TB Oktianus yang tiba di perairan Cilacap, 7 mil arah timur dari pelabuhan perikanan Cilacap pukul 16.00 WIB sore kemarin. (far)