E-Gamelan Udinus Akan Tampil di Disneyland

SEMARANG – E-Gamelan dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang personelnya terdiri dari para dosen, doktor dan mahasiswa kampus tersebut akan tampil di acara UNESCO, di Prancis, tepatnya di Kedutaan Besar dan Animation Park Disneyland.

Apresiasi Seni Udinus di Gedung E lantai 3, Kampus Udinus, Selasa (5/6). Foto: ade lukmono

Sebelum tampil di Prancis pada 28 Juni hingga 1 Juli mendatang, mereka tampil terlebih dahulu di Apresiasi Seni Udinus di Gedung E pada Selasa (5/6) menjelang berbuka puasa. Selain gamelan yang dimainkan melalui gawai, juga ditampilkan pertunjukan tari yang diiringi tembang E-Gamelanku, Bedaya Nuswantoro dan Jurit Nuswantoto.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik Udinus, Supardi Rustad mengatakan melalui apresiasi seni yang digelar kali ini, pihaknya membutuhkan dukungan moral dan semangat dari para stakeholder di Kota Semarang, mulai dari Pemkot Semarang, budayawan hingga Kepolisian.

Supardi menambahkan, E-Gamelan sama sekali tidak bermaksud mengganti atau menggeser gamelan konvensional. Justru dengan E-Gamelan, diharapkan semua orang bisa memainkan gamelan.

“Tidak semua orang memiliki alat gamelan. Namun melalui gadget masing-masing, kita semua bisa belajar memainkan gamelan. Jika sudah mahir, kemampuan kita bisa diterapkan ke gamelan yang asli,” tegasnya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap dengan tampilnya E-Gamelanku di Unesco, budaya Indoensia, terutama gamelan yang dimainkan oleh para dosen dan mahasiswa Udinus bisa lebih mendunia.

“Saya sangat bangga karena penampilan di Unesco mendatang pastinya juga akan mengangkat nama Kota Semarang,” katanya.

Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita justru iri terhadap Udinus yang namanya sudah terdengar sampai Unesco dan mancanegara lewat inovasinya. Dia berharap, ini jadi motivasi kepada Pemkot Semarang untuk juga ikut menggaungkan Semarang ke tingkat dunia melalui Kota Lama. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

30 − 21 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.