Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Duta Seni Boyolali akan Pentaskan Tari Topeng Ireng di Amerika

Duta Seni Boyolali akan Pentaskan Tari Topeng Ireng di Amerika

Tari Topeng Ireng Foto Metrojateng/dok kaskus
Tari Topeng Ireng
Foto Metrojateng/dok kaskus

BOYOLALI – Pemkab Boyolali kembali memberangkatkan duta seni ke luar negeri. Jika tahun 2013 lalu, dengan tujuan ke sejumlah negara di Eropa, tahun 2014 ini duta seni dan misi kebudayaan itu terbang ke Amerika dan Kanada.

Penanggung Jawab Duta Seni Boyolali, Abdul Rahman, mengatakan duta seni tersebut telah diberangkatkan pada Kamis (11/9). Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan khasanah budaya Kabupaten Boyolali, agar nama Kota Susu ini bisa dikenal di dunia internasional. Sehingga ke depannya Kabupaten Boyolali semakin moncer.

Di negara tujuan yaitu di Amerika dan Kanada, duta seni akan menampilkan berbagai tarian. Yaitu tari garuda, tari topeng ireng, gugur gunung, tari tawur agung, tari nuswantoro joyo pada event New England Indonesian Festival di Coplay Square Boston, Amerika.

Menurut Abdul Rahman yang juga kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Boyolali ini, rombongan duta seni beranggotakan 37 orang. Terdiri 18 orang penari serta 19 orang pendamping, pelatih dan pendukung. Sebelumnya, duta seni tersebut telah mengikuti serangkaian tes yaitu tes akademis, kesehatan, skill, misi visi pribadi dan mindset paradigma setiap kontingen.

“Selain itu juga mengikuti karantina untuk dilatih berbagai tarian yang akan ditampilkan, sopan santun, karakter, ramah tamah, serta memahami karakter masing-masing. Karena kita berada di negeri orang harus kita jaga budaya ketimuran kita,” ujarnya.

Dijadwalkan duta seni tersebut berlangsung 13 hari. Rombongan akan kembali ke tanah air tanggal 23 September 2014 mendatang. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar