Dubes Ceko Minta Tempe Kaleng Magelang Diekspor ke Negaranya

tempe kaleng magelang umiyako
Tempe kaleng Umiyako, produk UMKM dari Magelang. (foto: metrojateng.com)

 

SEMARANG – Beberapa waktu lalu ketika Dubes Cekoslovakia berkunjung ke sentra produksi tempe kaleng di Magelang, langsung meminta produknya diekspor dalam jumlah banyak. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Ema Rachmawati.

Pola pengenalan dan fasilitasi dengan mengajak sejumlah dubes negara sahabat itu dianggap cukup efektif dan berhasil. Selanjutnya Dinas Koperasi dan UMKM bakal memamerkan Usaha kecil menengah (UKM) Jawa Tengah kepada para duta besar negara sahabat lainnya. Dinas Koperasi mengundang mereka untuk mengikuti wisata UKM dalam waktu dekat.

Ema mengatakan, para dubes dari negara-negara sahabat yang diundang berkeliling di Jateng itu rencananya akan diajak mencicipi beragam produk makanan dan minuman khas yang dihasilkan para pelaku UKM. Termasuk, mengunjungi sentra-sentra kerajinan tangan asli Jateng.

‘’Langkah ini dinilai cukup efektif dalam mendongkrak kinerja ekspor UKM Jateng. Contohnya saja produk tempe kaleng dari Magelang, dengan begitu mampu menembus pasar ekspor negara Eropa,’’ ungkapnya, Rabu (7/3).

Selain mengajak dubes negara sahabat, Dinas Koperasi dan UMKM juga mengikutsertakan sejumlah jurnalis dalam wisata UKM tersebut. Tujuannya, agar para jurnalis bisa mengenalkan produk UKM ke dunia luar lewat publikasi media.

“Tahun ini kita akan coba ajak para dubes negara sahabat berwisata UKM di Jateng. Syukur-syukur nanti, ada yang berinvestasi membantu UKM kita,” tuturnya. Ditambahkan, selain dubes negara sahabat, kita juga akan ajak para jurnalis berkeliling ke UKM di Jawa Tengah, sehingga mereka bisa memotret kondisi pelaku UKM kita.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, pihaknya juga serius memfasilitasi para pelaku UKM di Jateng untuk membuka pasar di seluruh Tanah Air. Sehingga, pihaknya membuka kran kerja sama dengan beberapa provinsi lain, misalnya Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan untuk mendongkrak penjualan domestik. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

74 + = 80

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.