Dua Rest Area Disiapkan di Tol Fungsional Batang Semarang

KENDAL – Kabupaten Kendal merupakan titik lelah pemudik dari Jakarta, oleh sebab itu tempat istirahat disiapkan di jalur tol fungsional Batang – Semarang. Sedikitnya dau rest area ini berada di sisi kanan dan kiri jalan tol, sehingga bisa digunakan pemudik yang melintas tol fungsional untuk beristirahat. Di rest area ini sejumlah fasilitas disiapkan meski sifatnya darurat.

tol batang semarang
Meski darurat dua rest area disipakan di Rowoblanten dan Ngawensari Kendal untuk istirahat pemudik yang melintas tol fungsional Batang Semarang. (Foto: metrojateng/edi prayitno)

Penelusuran sepanjang tol fungsional Batang Semarang dari pintu masuk Sambongsari Weleri hingga Sumberejo Kaliwungu Kendal terdapat sejumlah titik rawan. Pada jalan yang belum sepenuhnya jadi, terdapat ruas jalur berpindah.

Selain berdebu kondisi jalan tol fungsional Batang Semarang yang melewati Kabupaten Kendal juga terdapat titik persimpangan dengan jalan kabupaten. Di titik ini nantinya ada petugas yang akan mengatur agar tidak terjadi kecelakaan. Persimpangan di Desa Kertomulyo ini belum selesai karena terkendala proses ganti rugi yang molor.

Sebagai daerah yang menjadi titik lelah pemudik tempat istirahat sudah disiapkan di jalur tol fungsional ini. Dua rest area yang disiapkan berada di wilayah Rowobranten Gemuh dan Ngawensari Weleri. “Meski bersifat darurat namun sudah  dilengkapi  dengan toilet,  minimarket, SPBU mini dan  warung makan,” jelas Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Dijelaskan bagi pemudik sudah di sediakan dua rest area di sisi kanan dan kiri jalan tol fungsional. “Pemudik yang sudah lelah jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan dan beristirahat di rest area yang sudah disiapkan,” imbuhnya.

Kapolda mengimbau agar pemudik tidak memacu kendaraanya dengan kecepatan tinggi. Batas maksimal kecepatan di tol fungsional batang semarang hanya 40 kilometer karena berdebu dan banyak kerikil. Sedangkan jembatan kali kutho dipastikan sudah dilalui untuk arus balik nanti sehingga jarak tempuh Semarang-Jakarta  hanya butuh waktu 10 jam perjalanan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.