Dongkrak VO2Max, PSIS Genjot Fisik di Lereng Gunung Ungaran

UNGARAN – Program training center (TC) di Bandungan Kabupaten Semarang yang sudah berlangsung selama tiga hari terakhir mulai menunjukkan dampak signifikan terhadap kondisi pemain PSIS. Diharapkan setelah berakhirnya TC, Kamis (8/2) besok kadar volume oksigen maksimal (VO2Max) Haudi Abdillah cs semakin meningkat.
Pada TC hari ketiga, Rabu (7/2) pagi tadi, difokuskan untuk melatih speed and endurance. Para penggawa Mahesa Jenar diwajibkan melakukan sprint di trek menanjak dalam beberapa tahapan, dengan total jarak tempuh 1.460 meter.
Pelatih fisik, Ahmad Shoffianto mengatakan, program pemusatan latihan ini memang menjadi agenda wajib yang harus dijalani pemain sebelum memulai kompetisi.

 

“Setelah gagal di Piala Presiden, kami memiliki waktu cukup panjang untuk membenahi fisik pemain. Ini sangat krusial mengingat mereka akan menjalani kompetisi dengan intensitas pertandingan padat, sehingga dibutuhkan kondisi fisik yang benar-benar prima,” kata dia.
Menurutnya, kawasan Bandungan yang berada di kaki Gunung Ungaran memiliki kadar oksigen tipis, sehingga cukup ideal untuk mendongkrak VO2Max pemain. “Program TC ini bisa meningkatkan level kebugaran fisik hingga sekitar 70-80 persen,” ujarnya.
Pemusatan latihan di Bandungan sedianya sudah dimulai sejak Minggu (4/2) namun terkendala cuaca hujan yang terus mengguyur kawasan wisata tersebut. Pada dua hari pertama, pemain diberi menu cross country di pagi hari dan sore harinya latihan teknik.
Sementara, pelatih Subangkit menambahkan jika TC di Bandungan tak sekadar untuk menggenjot VO2Max. Nantinya akan banyak variasi menu latihan guna meningkatkan fisik pemain.
“Yang pasti tidak ada latihan game. Kami hanya melakukan game kecil untuk menjaga ball feeling saja,” katanya.
Setelah pemusatan latihan, pelatih 58 tahun itu bakal memersiapkan timnya untuk melakoni ujicoba kontra Persiba Balikpapan pada Sabtu (10/2) akhir pekan ini. Laga tersebut akan dihelat di Stadion Moch Soebroto Magelang. (twy)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.