Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Diusulkan, Pemisahan Kementerian Kebudayaan

Diusulkan, Pemisahan Kementerian Kebudayaan

image
Candi Borobudur

MUNGKID– Pentingnya persoalan budaya di Indonesia harus mendapatkan perhatian serius. Sehingga, banyak desakan untuk mendirikan kementerian kebudayaan secara terpisah.

“Apalagi ini, di tengah era globalisasi ini, kebudayaan asli bangsa semakin tenggelam oleh industrialisasi budaya negara-negara maju. Sementara pemerintah memiliki tanggung jawab yang besar untuk memfasilitasi pembangunan kebudayaan pada masyarakat,” kata  Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Edy Sedyawati, seusai menjadi pembicara dalam Seminar 200 Tahun Penemuan Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang.

“Menurut Edy, kementerian kebudayaan semestinya menjadi kementrian yang berdiri sendiri. Tidak lagi menempel di kementrian bidang lain seperti saat ini. “Jepang dan Finlandia punya perhatian kepada budaya yang sangat bagus dan memiliki kementrian sendiri,” katanya.

“Kalau ada kementerian kebudayaan sendiri maka akan ada yang bertanggung jawab penuh, sehingga ada otoritas yang tegas dan terpusat. Sekarang kan hanya nempel-nempel aja,” kata Edy.

Menurutnya, eacana pemisahan kementrian itu, kata Edy, sudah dilakukan sejak pemerintahan terdahulu. Akan tetapi selalu ditolak lantaran dianggap tidak jelas dari sisi hukum maupun kepentingan. (MJ-14)

Ini Menarik!

Mustofa Menanti-Nanti Rekomendasi

Share this on WhatsApp    MAGELANG – Bupati Kudus, Musthofa masih  terus berikhtiar untuk bisa …

Silakan Berkomentar