Beranda JATENG RAYA METRO MURIA Dituding Ingkar Janji, PT Sami Digeruduk Warga Sengonbugel

Dituding Ingkar Janji, PT Sami Digeruduk Warga Sengonbugel

105
0
BERBAGI

JEPARA – Puluhan warga Desa Sengonbugel Kecamatan Mayong, Jepara geruduk PT Sami yang berada di desanya. Mereka menuntut janji yang telah disepakati sejak rencana pendirian.

Desa Sengonbugel Kecamatan Mayong, Jepara menggelar aksi di depan PT Sami, Kamis (12/4). Foto: metrojateng.com

Warga menyebut PT Mas sebagai pemilik kawasan dan PT Sami penyewa tidak menepati janji. Di antaranya, penyediaan lapangan kerja bagi warga yang berijasah kejar paket C, pengelolaan limbah, penyelesaian tukar guling tanah wakaf sekaligus pengaspalan jalan menuju tanah pengganti.

Koordinator aksi, Sholikan menuturkan bahwa sebelum penguasaan dan pembangunan pabrik, PT Mas telah bersepakat akan mengganti tanah wakaf milik desa seluas sekitar 1 hektar. Lahan tersebut rencananya akan dibangun untuk sekolah pendidikan agama.

Sedangkan PT Sami disebutnya tidak memberikan lapangan kerja bagi warga yang terkendala ijasah. Selain itu, pembangunan kantin yang rencananya dikelola ibu-ibu setempat, tidak terealisasi.

Ditambahkannya, untuk pengelolaan limbah yang mestinya dikelola warga setempat justru diserahkan warga luar Jepara. “Kami pernah meminta untuk dilakukan audiensi. Tapi saat itu ditolak. Sekarang kami melakukan aksi,” katanya, Kamis (12/4)

Carik Desa Sengonbugel, Darmanto menyampaikan bahwa proses tukar guling tanah wakaf tidak semudah membalikkan telapak tangan. “Harus mengurus ke Badan Wakaf pusat melalui Kementerian Agama. Dan, kami sudah berkoordinasi ke sana,” pungkas dia.(MJ-23)