Distribusi Kartu Tani Ditarget Tuntas Bulan Depan

Kartu Tani

 

SEMARANG – Proses distribusi kartu tani ditargetkan tuntas 100 persen pada awal Februari 2018 nanti. Untuk saat ini, menurut Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono, pendistribusian kartu tani baru mencapai 96 persen.

Sri bilang dari total 2.777.256 petani yang didata Pemprov Jateng, terdapat 2.147.454 orang di antaranya telah memiliki kartu tani. “Janji dari BRI, bulan Februari nanti semua distribusinya bisa diselesaikan 100 persen,” tutur Sri, Rabu (17/1).

Menurutnya pendistribusian kartu tani sempat tersendat lantaran ada beberapa petani yang tinggal di area blank spot. Lokasi tempat tinggalnya berada di Grobogan, Banyumas dan kawasan pegunungan tengah.

“Kalau masalah data petani sudah enggak ada masalah. Seumpama ada yang beralih status dari penyewa, penggarap atau pemilik lahan, semua bisa didata. Yang paling penting, jangan sampai overlapping data lahan karena ini hubungannya dengan pendistribusian pupuk bersubsidi,” tambahnya.

Meski begitu, persoalan itu sudah terselesaikan berkat kinerja seluruh jajaran OPD di Pemprov Jateng. BRI selaku pihak operator telah menerbitkan kartu tani sebanyak 2.228.839 lembar.

Jumlah ini didasarkan data awal terkait jumlah petani yang diperoleh Pemprov Jateng hingga awal Desember 2017, yakni 2.576.676 petani. Selain itu, ada penambahan data jumlah petani 200.580 orang.

Berkaitan banyaknya petani yang tidak memiliki kartu tani karena tidak punya rekening di BRI, ia mengganggap hal itu tidak seharusnya terjadi. Ia menyadari bahwa banyak petani di daerah yang selama ini tidak memiliki rekening di bank dan lebih suka menabung dengan cara membeli ternak atau sawah.

“Kan enggak perlu menabung, cukup membuka rekening saja. Malah nanti petani bisa dapat keuntungan lebih karena hubungannya dengan transaksi,” ujar Sri. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

53 − 43 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.