Disporapar Genjot Potensi Wisatawan Religi Semarang-Lasem

SEMARANG – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah menggenjot potensi wisata religi yang ada di wilayahnya. Sebab, tingkat kunjungan wisatawan di obyek wisata religi selama ini sangat diminati para turis khususnya Semarang sampai Lasem, Kabupaten Rembang.

Klenteng Cu An Kiong, salah satu destinasi wisata religi di Lasem. Foto: metrojateng.com/dok

Prambudi, Kabid Pariwisata Disporapar Jawa Tengah mengungkapkan wisata Semarang-Lasem punya potensi wisata yang luar biasa.

Ia menuturkan setiap tahun terdapat 100 ribu wisatawan yang mengunjungi sejumlah destinasi dari Semarang sampai Lasem.

“Kita jual paket wisata Rp 8 juta, itu laku semua. Dan kunjungannya pasti selama tiga sampai empat hari,” tuturnya, Rabu (2/5).

Ia menjelaskan tiap wisatawan bisa mendapat story teller tentang sejarah kebudayaan Islam di sepanjang wilayah Semarang, Demak, Kudus, Rembang, Lasem dan Pati.

“Karena kan perjalanan sejarah Islam jalurnya di situ. Sehingga mereka menginap di Semarang dua hari kan sudah bisa. Makanya, kita kembangkan paket wisatanya ke situ,” bebernya.

Secara keseluruhan, potensi wisata religi dengan jumlah 1.000 candinya punya daya tarik sangat kuat. Dari sisi religi dan budaya juga sangat menarik.

Ia pun optimistis target kunjungan wisatawan sesuai RPJMD Jateng mampu terealisasi. Saat ini, jumlah wisatawan nusantara mencapai 4,2 juta dan 780 ribu wisatawan mancanegara.

“Kita kembangkan paket wisata baru untuk memperluas pasar wisata khususnya menuju wisata budaya dan alam,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.