Dispertan Solo Bentuk Tim Pantau Hewan Kurban

Dinas Pertanian Kota Solo mulau membentuk tim khusus untuk memantau hewan kurban. Foto Metrojateng
Dinas Pertanian Kota Solo mulai membentuk tim khusus untuk memantau hewan kurban. Foto Metrojateng
SOLO- Dua pekan jelang perayaan Idul Adha, Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Solo mulai membentuk tim. Di mana tim tersebut akan memantau keadaan hewan kurban di masing-masing kecamatan.
“Tim ini terdiri dari seorang dokter, di masing-masing Kecamatan yang ada di Kota Solo. Selain itu, kami juga sudah membagikan edaran kepingan CD, maupun buku tentang tata cara penyembelihan hewan yang baik. Semua sudah kami distribusikan, muali dari pedagang, masjid, Kecamatan, sekolah-sekolah dan tempat penyembelihan lainya,” ujar Kepala Dispertan Kota Solo, Weni Ekayanti.
Weni mengakui, pihaknya bakal mengadakan pengecekan terhadap hewan-hewan kurban yang di jual pedagang. Biasanya pengecekan tersebut dilakukan satu hingga dua Minggu sebelum penyembelihan.
“Kami berharap jangan sampai para pedagang menjual hewan kurban dalam keadaan sakit, jangan sampai demi keuntungan semata, pada pedagang justru menyiksa hewan tersebut. Mudah-mudahan masing-masing pedagang memiliki kesadaran,” harap Weni.
Dari beberapa tahu setiap kali Idul Adha, pihaknya tak pernah menemukan sesuatu yang membahayakan hewan kurban. Hal ini terjadi lantaran, pihaknya selalu intensif melakukan pengecekan dan peninjauan secara efektif. (MJ-16)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 68 = 69

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.