Home > JATENG RAYA > Dinas PU Bentuk Posko Siaga Banjir

Dinas PU Bentuk Posko Siaga Banjir

Ilustrasi
SEMARANG – Tim khusus untuk menangani banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Semarang telah dibentuk. Selain itu posko siaga banjir juga telah didirikan yang terdiri dari 70 personil. Mereka siap turun membersihkan saluran ketika terjadi hujan.
Langkah antisipasi ini dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang agar tidak terjadi genangan. Mengingat musim hujan sudah mulai mengguyur Kota Semarang terutama sering terjadi pada setiap menjelang malam hari.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Iswar Aminnudin mengatakan, pihaknya mendirikan posko siaga banjir yang berada di Jalan Supriyadi. Jumlah personil sebanyak 70 orang terdiri dari bidang sumber daya air dan bidang bina marga di Dinas Pekerjaan Umum.
”Selain menambah jumlah personil kami juga menyiagakan sejumlah alat berat untuk mengangkut sampah dari saluran saat hujan turun,” kanya, Rabu (18/10).
Dari evaluasi yang dilakukan, menurutnya banjir yang terjadi tahun ini akibat saluran yang tidak dapat berfungsi maksimal karena tersumbat sampah. Dia mencontohkan di rumah pompa Mberok saat hujan kemarin dalam waktu kurang satu jam sudah mengumpulan sampah sebanyak 3 truk.
”Jadi kalau tahun kemarin (2016) tidak terjadi banjir tapi tahun sekarang kok terjadi banjir, ternyata itu karena saluran banyak tersumbat sampah,” kata Iswar.
Dia mengatakan, tim khusus penanganan banjir ini akan fokus di sejumlah saluran yang diidentifikasi daerah sekitarnya sering terjadi genangan. Di antaranya adalah saluran Jalan Pemuda, Jalan MH Thamrin, dan saluran-saluran lainnya.
”Petugas akan siaga selama 24 jam dan bergerak ke lapangan saat hujan mulai turun,” terangnya.
Dia mengharapkan ada kesadaran dari warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dan justeru ikut berpartisipasi dalam membersihkan saluran dari sampah. Sebab banyaknya sampah rumah tangga telah menjadi pemicu tidak berfungsinya saluran aira secara baik. (duh)

Ini Menarik!

Wuling Tawarkan Layanan Purnajual, Renault Tak Pasang Target Muluk

Share this on WhatsApp    SEMARANG – Wuling dan Renault merupakan dua pemain baru dalam …

Silakan Berkomentar