Dilewati Arak-arakan Api Obor Asian Games, Jalan A Yani-Simpang Lima akan Ditutup

SEMARANG – Ajang pesta olah raga 4 tahunan Asian Games ke-18 akan berlangsung di Indonesia tepatnya di Kota Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus sampai 2 September mendatang.

Sebuah bola berukuran super jumbo digiring beramai-ramai oleh atlet Jawa Tengah untuk menyosialisasikan Asian Games 2018 di Jalan Pahlawan Semarang. Foto: fariz fardianto

Mengawali rangkaian event Asian Games tersebut, akan diselenggarakan arak-arakan api obor Asian Games (Torch Relay Asian Games 2018) yang diambil langsung dari Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan.

Salah satu kota yang dilalui adalah Kota Semarang yang berlangsung pada hari Rabu besok (18/7) di halaman Balai Kota Semarang tepat pukul 10.00 WIB.

Rencananya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani akan melepas rombongan pembawa api dari Mrapen ke Semarang. Api akan disimpan di dalam Thinder Box dibawa oleh mantan petenis nasional Indonesia, Yustejo Tarik ke Semarang.

Setelah sampai di Kota Semarang, api obor akan diarak dari depan Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Jalan Ahmad Yani menuju Simpang Lima. Di RRI api akan diserahkan dari Yustejo Tarik kepada mantan atlet tenis Indonesia, Yayuk Basuki untuk diarak menuju Balai Kota dengan menyusuri Jalan Gajahmada.

“Setibanya di Balai Kota, Yayuk Basuki akan menyerahkan api obor Asian Games kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Selanjutnya Wali Kota akan menyerahkan kepada Yustejo Tarik untuk dibawa ke Prambanan guna dikawinkan dengan api dari India,” kata Plt Kabag Humas dan Protokol Kota Semarang, Agus Joko Triyono, Selasa (17/7).

Meramaikan prosesi tersebut, menurutnya di Balai Kota akan diadakan berbagai macam atraksi berupa drumband, bela diri, barongsai, dan lain-lain.

Agus Joko Triyono menjelaskan, selama berlangsungnya prosesi arak-arakan api obor Asian Games, Jalan Ahmad Yani depan RRI sampai Simpang Lima ditutup sementara mulai pukul 09.30-11.00 WIB.

“Kepada masyarakat yang akan melintasi Jalan Ahmad Yani, Kami imbau untuk sementara waktu mencari jalur alternatif yang lain,” imbaunya.

Agus Joko Triyono juga mengajak warga Kota Semarang untuk ikut mangayubagyo dengan menyaksikan prosesi arak-arakan api obor Asian Games di halaman Balai Kota. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 39 = 44

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.