Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Diduga Tak Berizin, Warga Desak Penutupan Peternakan Ayam di Dukuh Blanten

Diduga Tak Berizin, Warga Desak Penutupan Peternakan Ayam di Dukuh Blanten

image
Lokasi peternakan ayam yang diprotes warga. Foto Metrojateng

BOYOLALI – Warga Dukuh Blanten, Desa Sukorejo, Kecamatan Musuk, Boyolali memprotes keberadaan peternakan ayam di wilayah mereka. Selain lokasinya terlalu dekat dengan permukiman, peternakan unggas itu ditengarai ilegal.

Haryono, salah seorang warga setempat menuturkan, lokasi kandang ayam itu dengan permukiman warga hanya berjarak sekitar 10 meter.Hanya dipisahkan oleh jalan kampung saja. Ini bertentangan dengan SK Dirjen Peternakan nomor 774/Kpts/djp/deptan/1984 tentang tata cara dan ketentuan umum pengelolaan ayam potong dan petelur.

“Di aturan itu disebutkan jarak peternakan ayam dengan pemukiman penduduk minimal 1.000 meter atau 1 km,” katanya, Kamis (28/8/2014).

mendapat protes warga. Pasalnya, selain lokasinya yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, juga belum memiliki izin. Bahkan, Satpol PP Kabupaten Boyolali sudah dua kali mengirim surat peringatan ke pemilik ternak ayam potong itu, Sunaryo, yakni diminta operasional kandang ayam itu dihentikan sementara hingga ada surat izinnya.

Sejumlah warga yang rumahnya berdekatan dengan kandang itu telah melayangkan surat aduan ke Bupati Boyolali. Warga meminta ketegasan dari Pemkab Boyolali untuk menindak kandang ayam itu. Karena keberadaan kandang ayam potong itu dinilai telah melanggar aturan dan menimbulkan polusi.

Haryono menambahkan, warga sudah beberapa kali mengadukan permasalahan kandang ayam itu ke instansi terkait Pemkab Boyolali. Bahkan, pernah dilakukan pertemuan di kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH), yang antara lain adanya instruksi dari Satpol PP tentang perintah pemberhentian sementara pengoperasian kandang ayam itu.

Hal itu dipertegas dengan terbitnya surat peringatan dari Satpol PP itu sudah dua kali dilayangkan ke pemilik peternakan ayam. Dalam surat peringatan tertanggal 14 Juli 2014 itu, Satpol PP meminta usaha peternakan ayam tersebut segera dihentikan dan dilarang operasional sebelum permasalahan selesai dan perijinan dimiliki/terbit. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar