Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Didatangi Ganjar, Puluhan Truk Galian C Berlarian

Didatangi Ganjar, Puluhan Truk Galian C Berlarian

galian

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar inspeksi mendadak di area galian C Mangunharjo, Tembalang, Kamis (4/9). Puluhan truk langsung tancap gas meninggalkan lokasi begitu rombongan gubernur tiba.

Inspeksi Ganjar didampingi Kepala Dinas ESDM Jateng Teguh Dwi Paryono. Sejumlah pejabat Pemkot Semarang juga mendampingi. Sedangkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyusul beberapa saat kemudian ketika rombongan telah sampai lokasi.

Ketika Ganjar dan rombongan tiba di ujung lokasi penambangan, suasana sudah sepi. Hanya tersisa bebrapa truk yang sopirnya masih beristirahat di warung di areal tambang. Alat berat yang tadinya beroprasi juga langsung berhenti.

Ganjar kemudian mengambil smartphone-nya dan mulai memotret lokasi. Kemudian Ganjar mendatangi warung yang berada di tengah lokasi tambang dan berdialog dengan pekerja dan sopir truk yang masih ada.

“Kok podo mlayu ngopo, aku mung pengen weruh kok,” kata Ganjar setelah melihat rombongan truk yang pergi.

Ganjar mengatakan, kegiatan penambangan tersebut ilegal karena tak berijin. Di sisi lain, penataan tak bisa dilakukan secara parsial karena berkaitan dengan hak hidup orang banyak. Untuk sementara, karena Pemkot Semarang belum mempunyai peraturan daerah (Perda) tentang tambang, pengaturan menggunakan Undang-Undang Minerba.

Ia mengharapkan Pemkot untuk menindak dan menghentikan penambangan tersebut.Ganjar menilai bahwa semua pihak yang berhubungan dengan penambangan Galian C harus diajak “rembugan” terkait dengan penataan.

“Penataan ruang saat ini tidak mungkin lagi untuk penambangan di kota sehingga kalau kita tidak membina maka yang terjadi adalah penambangan suka-suka dan membahayakan,” katanya.(MJ-03)

Ini Menarik!

Setelah Kutu, Kini PT Havindo Dikeluhkan Sebar Bau Busuk

Share this on WhatsApp   SEMARANG – Warga sekitar Kawasan Industri Candi, Ngaliyan, Semarang terganggu …

Silakan Berkomentar