Beranda PLESIRAN Di Tempat Ini, Bisa Napak Tilas Peristiwa Masa Lalu Seputar Semarang

Di Tempat Ini, Bisa Napak Tilas Peristiwa Masa Lalu Seputar Semarang

142
0
BERBAGI

SETIAP tempat pasti memiliki cerita sendiri dengan berbagai makna dan rentang kisah kejadian yang ada. Waktu demi waktu peradapan manusia bergerak berubah namun bangunan yang tertinggal dimasa lampau membuat kita selalu mengingat bahwa ada peradapan sebelum kita dilahirkan. Begitu juga kota Semarang, banyaknya goresan cerita menarik yang terjadi dimasa lampau terpampang nyata dengan hadirnya bagunan kuno yang sarat akan sejarah. Berikut adalah napak kilas Kota Semarang yang bisa kita jadikan referensi wisata sejarah.

 

1. Lawang Sewu

lawangsewu semarang
Gedung Lawangsewu dari halaman dalam. (foto: indonesiaherritage.net)

Gedung yang terletak di pusat kota Semarang ini merupakan peninggalan jaman Belanda. Saat itu Lawang Sewu merupakan sebuah kantor dari Nederland- Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Kemudian setelah Indonesia merdeka kedung tersebut berubah fungsi menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repeoblik Indonesia (DKARI) atau sekarang menjadi PT KAI Indonesia.

 

2. Kelenteng Sam Poo Kong

kelenteng sampookong semarang
Kelenteng Sam Poo Kong (foto: tempatwisataindonesia.id)

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan sebuah bangunan yang mereprentasikan kerukunan beragama kala itu. Kelenteng ini dibangun sebagai tanda penghormatan masyarakat Tionghoa kepada Laksamana Tiongkok Islam bernama Ceng Ho. Kala itu tempat tersebut merupakan persinggahan sekaligus tempat berlindung saat kapalnya terdampar di Semarang.

 

3. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk
Gereja Blenduk. (foto: seputarsemarang.com)

Gereja ini terletak di kawasan kota lama Semarang, diantara bangunan kuno peninggalan Belanda gereja ini termasuk yang paling mencolok. Dibangun pada tanggal 1753 dengan nama GBIP Immanuel atau Gereja Blenduk dengan model bangunan rumah panggung, namun bangunan yang kita lihat sekarang merupakan renovasi yang dibuat oleh HPA De Wilde pada tahun 1894.

 

4. Candi Klero

Candi Klero Kabupaten Semarang
Candi Klero. (foto: perpusnas.go.id)

Candi peninggalan Hindu jaman ini terletak di kabupaten Semarang kira-kira 500 meter dari jalan raya Semarang arah Solo. Candi ini berdiri sendiri atau tidak ada candi lain yang biasanya kita jumpai dikawasan Candi pada umumnya.

 

5. Benteng Fort Willem I

Benteng Fort Willem I (foto: mapio.net)

Masyarakat lokal mengenalnya sebagai benteng pendem Ambarawa. Benteng yang dibangun 1834 dan selesai tahun 1845 merupakan benteng bawah tanah yang dipakai sebagai siasat perang kala itu.

 

(Fitria Eka/dari berbaga sumber)