Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG Dewan Desak Kinerja PDAM Semarang Dievaluasi Total

Dewan Desak Kinerja PDAM Semarang Dievaluasi Total

44
0

SEMARANG – Kinerja jajaran manajemen PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dinilai perlu untuk dilakukan dievaluasi secara menyeluruh. Hal itu terkait adanya berbagai permasalahan krisis air bersih yang terjadi di wilayah timur Kota Semarang.

Ilustrasi. Dewan mendesak dilakukan evaluasi total terhadap kinerja PDAM Tirta Moedal. Foto: metrojateng.com/dok

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Joko Santoso menyatakan, terjadinya krisis air bersih tersebut karena PDAM tidak mampu mengantisipasi dampak musim kemarau terhadap ketersediaan air bersih di Semarang.

‘’Dari laporan bagian produksi IPA (Instalasi Pengolahan Air) Kudu kami melihat kinerja PDAM harus dievaluasi secara menyeluruh. Sebab permasalahan krisis air bersih di wilayah timur Semarang harus secepatnya diselesaikan,’’ katanya, Rabu (16/5).

Wakil rakyat dari Partai Gerindra ini menilai, instalasi di IPA Kudu Kecamatan Genuk juga seharusnya dilakukan perawatan dan pembenahan untuk memaksimalkan produksi air bersih. Ia melihat contohnya sedimentasi di waduk resiver Kudu yang kedalamannya hanya 2 meter dari seharusnya 4 meter karena kurangnya perawatan.

‘’Ada sekitar 50 ribu pelanggan yang terdampak krisis air bersih di wilayah timur. Ini cukup luar biasa,’’ tegasnya.

Sebagai solusi konkrit jangka pendek untuk mengatasi krisis air bersih tersebut, ia juga mendesak PDAM untuk secepatnya mengatasi krisis air bersih misalnya dengan melakukan droping air bersih ke warga secara gratis.

‘’Jangan hanya menjanjikan air akan normal kembali dalam 2 bulan, karena sedang adanya perbaikan instalasi di daerah Kedungombo. Itu adalah alasan klasik,’’ tandasnya. (duh)