Home > EDUKASI > Dede Sudiro: Jaga Anak-Anak Lewat Pendidikan Budi Pekerti

Dede Sudiro: Jaga Anak-Anak Lewat Pendidikan Budi Pekerti

foto:istimewa

SEMARANG – Politisi Dede Sudiro mendorong dimunculkannya kembali pendidikan budi pekerti di sekolah. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kekhawatiran Dede terhadap dampak negatif lingkungan yang bisa mempengaruhi mental anak sekolah di Jawa Tengah saat ini.
“Di tengah perkembangan zaman seperti sekarang, anak-anak sangat rentan dengan pengaruh negatif dari lingkungan. Oleh karena itu, kita harus jaga lewat pendidikan budi pekerti di sekolah,” tutur Dede saat mengunjungi SD Negeri 1 Ngaliyan, Semarang.
Lebih lanjut Dede menjelaskan, pendidikan budi pekerti pertama kali diterapkan pada kurikulum 1947 terpisah dengan mata pelajaran lain. Sejak munculnya kurikulum 1968, pendidikan budi pekerti tersebut hanya sebagai sisipan di mata pelajaran seperti pendidikan Agama dan pelajaran Kewarganegaraan.
“Karena sebagai sisipan, pelajaran tentang budi pekerti ini kurang mendapat perhatian. Pelajaran budi pekerti harus dimunculkan kembali dalam kurikulum pendidikan dan jadi mata pelajaran yang berdiri sendiri,” kata Dede.
Dede yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Tengah dan tengah turut dalam bursa pencalonan wakil gubernur Jawa Tengah menuturkan, pendidikan budi pekerti yang disampaikan secara eksplisit melalui pelajaran menandakan adanya itikad baik dari dunia pendidikan untuk turut membentuk anak didik memiliki budi pekerti yang baik. Oleh karena itu, harus didukung penuh oleh para calon pemimpin negeri.
“Sementara ini, kita bisa coba buat kelas budi pekerti diluar jam pelajaran umum. Tapi sifatnya wajib diikuti oleh seluruh anak,” imbuh Dede.
Diketahui saat ini tengah marak kasus kriminal yang menimpa anak sekolah di beberapa daerah di Indonesia, seperti penggunaan obat terlarang PCC yang terjadi di Kendari, selain itu ada pula kasus kekerasan di sekolah yang menyebabkan korban tewas di Sukabumi. Hal ini yang mendorong Dede untuk berkomitmen menjaga masa depan anak-anak sekolah di Jawa Tengah. (*)

Ini Menarik!

Mobil Perancis dan Tiongkok Penetrasi Pasar Jateng

Share this on WhatsApp   SEMARANG – Selama ini mobil buatan Jepang terkenal merajai jalanan …

Silakan Berkomentar