Daging Sapi Diprediksi Bisa Tembus Rp 115 Ribu per Kilogram

SEMARANG – Harga daging sapi semakin mendekati Lebaran diperkirakan akan naik menjadi Rp 110 ribu hingga Rp 115 ribu per kilogram. Namun demikian saat ini harga barang kebutuhan pokok termasuk juga daging sapi tersebut masih cukup stabil.

Kepala Dinas Perdagangan Fajar Purwoto saat memimpin sidak di Pasar Bulu, Jumat (8/6). Foto: masrukhin abduh

Pedagang di Pasar Bulu Kota Semarang menyebutkan harga daging sapi saat ini sebesar antara Rp 105 ribu – Rp 110 ribu per kilogram. Harga itu masih normal belum ada kenaikan meskipun 6 hari lagi sudah akan memasuk hari Lebaran.

‘’Namun sekitar H-3 sampai H+2 Lebaran biasanya akan terjadi kenaikan. Diperkirakan harga daging sapi akan naik sebesar Rp 5 ribu per kilogram’’, kata Ridwan, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Bulu, Jumat (8/6).

Selain harga stabil, menurutnya permintaan pembeli juga masih belum ada lonjakan. Setiap hari dia hanya mampu menjual sekitar 30 kilogram daging sapi.

Sementara itu, Dinas Perdagangan Kota Semarang pagi tadi kembali melakukan sidak harga sembako di pasar tradisional dan modern. Dinas menilai harga barang kebutuhan pokok tetap stabil baik di pasar tradisional maupun modern.

Harga daging ayam per ekor di pasar modern justeru lebih murah dibanding pasar tradisional. Selisihnya mencapai Rp 1.000-Rp 2.000. Di Pasar Bulu harganya Rp 35 ribu, sedangkan di Giant Karangayu Rp 34 ribu bahkan kini turun jadi Rp 28.350.

‘’Tapi harga di Pasar Bulu itu masih wajar, sedang di pasar modern karena skalanya besar sehingga stoknya banyak sehingga harganya bisa turun,’’ kata Kepala Dinas Perdagangan, Fajar Purwoto saat memimpin sidak.

Ditambahkan, meskipun harga daging ayam di pasar tradisional lebih tinggi dari pasar modern, namun masih ada tawar menawar. Tapi para pedagang tersebut akan tetap dihimbau supaya jangan sampai menaikkan harga secara tidak wajar.

‘’Secara keseluruhan semua pedagang dan pengusaha sudah mematuhi instruksi Wali Kota. Terbukti mendekati Lebaran harga-harga tetap stabil,’’ tandasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

21 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.