Home > JATENG RAYA > Cuaca Buruk Bikin Durian Khas Mijen Gak Oke

Cuaca Buruk Bikin Durian Khas Mijen Gak Oke

ā€‹

SEMARANG – Cuaca buruk yang terus-menerus menerjang Kota Semarang sejak awal bulan lalu membuat para petani durian di Mijen kewalahan. Pasalnya, durian yang mereka panen kualitasnya menurun, bahkan cenderung mudah membusuk.  

Seorang petani durian dari Kampung Sidodadi Mijen, Suseno Wijoyo mengakui bila hasil panennya merosot drastis akibat diterjang cuaca buruk. Ia mengatakan saat ini hanya bisa memanen 300 buah, jumlah yang sangat sedikit dibanding kondisi tahun lalu masih bisa memanen 500-800 buah.

“Musim panen sekarang hanya sedikit hasilnya, saya cuma dapat 300 buah. Padahal itu dilakukan setahun sekali. Beberapa teman saya malah sempat gagal panen karena kualitas duriannya sangat jelek,” kata Suseno kepada metrosemarang.com, di Pasar Durian Mijen, Senin (6/2).

Alhasil, ia pun dibuat pusing dengan kondisi tersebut. Dengan hasil panen yang menurun, secara otomatis keuntungan yang didapat tentunya menjadi mepet. 

“Saya hanya bisa dapat untung sedikit sekali, satu buah saya jual Rp 30 ribu-Rp 60 ribu. Itu sudah mentok, tapi memang kalau dirasakan manisnya enggak semanis di musim kemarau di tahun lalu,” akunya.

Sementara menurut Rohayati, pedagang durian lainnya di Pasar Durian Mijen, memanen durian hanya bisa dilakukan setahun sekali. Untuk tahun ini, ia memanen di lahan seluas 3.000 meter pada Januari kemarin. Dari mulai berbunga hingga buahnya matang, katanya harus menunggu waktu selama empat bulan. 

Untuk mengakali agar tak gampang busuk, saat cuaca buruk terjadi hampir di seluruh Indonesia ia selama ini sering menyemprot buah durian dengan cairan kimia tiap hari.

“Saya sehari laku 30-50 buah. Yang paling laris setiap jam pulang kerja dan hari Minggu. Proses perawatannya sudah bagus. Tapi duriannya sekarang memang tidak semanis musim kemarau karena kadar airnya yang terlalu berlebihan,” ungkapnya. (far)

Ini Menarik!

Pemkab Kampar Pelajari Kawasan Industri di Kendal

Share this on WhatsApp  KENDAL ā€“ Keberhasilan Kabupaten Kendal mendirikan kawasan industri berskala besar menarik …

Silakan Berkomentar