Home > JATENG RAYA > Cegah Pembakaran Hutan, Aparat Polsek Kaliwungu Sepedaan Susur Hutan

Cegah Pembakaran Hutan, Aparat Polsek Kaliwungu Sepedaan Susur Hutan

image

ADA cara unik yang dilakukan jajaran Polsek Kaliwungu mencegah aksi pembalakan liar dan pembakaran hutan. Dengan patroli menggunakan sepeda gunung, jajaran Polsek Kaliwungu dan komunitas sepeda gunung menyusuri hutan dan areal perbukitan. Medan yang curam dan terjal, memaksa petugas harus menggunakan sepeda agar dapat menjangkau lokasi yang terpencil yang rawan pencurian kayu dan pembakaran hutan.

Minggu (11/10) pagi, belasan pencinta sepeda gunung dan jajaran Polsek Kaliwungu bersepeda menyusuri wilayah perbukitan dan hutan di wilayah Darupono hingga Jerukgiling. Sepeda gunung digunakan untuk patroli, mengingat lokasi perbukitan dan hutan yang sulit di jangkau dengan mobil patroli maupun sepeda motor.

Medan terjal yang kerap dijadikan rute para pelaku pembalakan liar, menjadi lokasi patroli. Meski harus melewati turunan dan tanjakan curam, jajaran Polsek Kaliwungu ini tetap bersemangat melakukan patroli.

Selama menyusuri hutan yang meranggas karena musim kemarau, petugas melakukan pembinaan kepada warga yang mencari kayu di hutan agar bersama-sama menjaga dan tidak melakukan pencurian kayu. Selain itu, petugas juga memberikan arahan akan bahaya kebakaran hutan, jika membakar sampah sembarangan atau sengaja membakarnya untuk membuka lahan.

Kapolsek Kaliwungu AKP Setya Nugraha mengatakan, kegiatan rutin ini dilakukan selain menjaga kebugaran tubuh dengan bersepeda, juga melakukan patroli di kawasan hutan. “Patroli dengan sepeda gunung ini dilakukan karena medan yang dilalui cukup terjal dan tidak memungkingkan menggunakan mobil atau sepeda motor,” katanya.

Sembari berpatroli, pencinta sepeda gunung ini juga menguji medan yang terjal dan menjajal kemampuan menyusuri perbukitan di selatan Kaliwungu ini. Sepanjang perjalanan juga terlihat banyak sisa pembakaran yang dilakukan warga untuk membuka lahan.

“Dari sini kita melihat banyak warga yang kurang memahami pentingnya kelestarian hutan. Kita sengaja langsung turun ke masyarakat untuk memberikan arahan akan pentingnya menjaga hutan dan tidak melakukan pembakaran lahan di sekitar atau didalam hutan,” imbuh kapolsek.

Petugas juga mengumpulkan sejumlah warga untuk diberi pengarahan dan mensosialisasikan akan bahaya membakar hutan dan pencurian kayu. Arahan dan pembinaan ini dilakukan, agar warga bersama-sama ikut menjaga hutan sebagai penyangga sumber air khususnya di wilayah Kaliwungu dan Kabupaten Kendal. (MJ-01)

Ini Menarik!

1 Sura, Ribuan Warga Kendal Rebutan Nasi Bungkus

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah daerah saling berdesakan dan berebut nasi sura dalam peringatan Haul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *