Cegah HIV/AIDS, Sasar Karyawan Pabrik

image
Ilustrasi

UNGARAN- SokoGuru Foundation bekerjasama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Semarang melakukan sosialisasi HIV/AIDS untuk para karyawan pabrik. Edutainment HIV di kalangan pekerja pabrik tersebut dilakukan agar lebih paham tentang HIV/AIDS, selain itu agar dapat mendeteksi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Sehingga diharapkan dapat memutus rantai ?penularan.

Selain itu juga digelar voluntary counselling and testing (VCT) terhadap karyawan pabrik Poliplas dan Golden Flower di lingkungan Gedanganak, Ungaran untuk mendeteksi adanya penyakit menular seksual tersebut.

Koordinator SokoGuru Foundation, Wahyu Indriawan, mengatakan, dalam kegiatan itu juga dilakukan voluntary counselling and testing (VCT) terhadap karyawan pabrik Poliplas dan Golden Flower di lingkungan Gedanganak, Ungaran untuk mendeteksi adanya penyakit menular seksual tersebut.

“Kami juga melibatkan karyawan, pedagang, sopir, pegawai pabrik dan sejumlah warga di wilayah Kecamatan Ungaran Timur yang peduli dengan pencegahan HIV/AIDS,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan edutainment HIV tersebut merupakan satu rangkaian dengan roadshow HIV di Getasan, Bandungan, Pasar Bangsari, Bawen dan Pasar Hewan Ambarawa beberapa waktu lalu. “Kami memanfaatkan jam istirahat karyawan sekitar pukul 12.00 ? 15.00. Tujuannya dapat membangun kesadaran para pekerja tentang HIV/AIDS. Ada sekitar 100 orang laki-laki dan sebagian kecil perempuan yang akhirnya sukarela ikut tes HIV,” imbuhnya.

Koordinator Tim VCT Puskesmas Bawen, dr. Wahyu Tri Widodo mengatakan, dari hasil VCT belum ada temuan HIV/AIDS. Dalam kegiatan tersebut yang disasar adalah laki-laki usia produktif. (MJ-02)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.