Home > JATENG RAYA > Cegah Barang Selundupan, Polair dan ASDP Periksa Truk Barang

Cegah Barang Selundupan, Polair dan ASDP Periksa Truk Barang

Pemeriksaan terhadap truk barang sebelum masuk KMP Kalibodri. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

KENDAL – Mengantisipasi penyelundupan barang berbahaya dan ilegal, Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Kendal dan petugas ASDP Indonesia Fery cabang Jepara Perwakilan Kendal lakukan pemeriksaan ketat. Mereka mengecek dan memeriksa barang bawaan yang diangkut truk KMP Kalibodri di Pelabuhan Tanjung Kendal, Rabu (11/10) siang.

Pemeriksaan tidak hanya mengecek barang yang dibawa, namun surat kelengkapan perjalanan. Sebelum masuk ke KMP Kalibodri, petugas melakukan pengecekan dan pemeriksaan barang yang diangkut truk. Satu persatu truk diperiksa termasuk surat kelengkapan perjalanan yang dikeluarkan dari dinas terkait.

Kasat Polair Polres Kendal, IPTU Ruslan mengatakan pemeriksaan ini juga sebagai upaya pengamanan di KMP Kalibodri. Pemeriksaan untuk pengamanan dilakukan sebelum kapal berangkat dan saat kapal datang di pelabuhan. “Setiap kendaraan yang masuk dan keluar kapal diperiksa untuk mencegah masuknya barang berbahaya dan ilegal,” katanya.

Supervisor PT ASDP Indonesia Ferry cabang Jepara perwakilan Kendal, Imron mengatakan, pemberangkatan KMP Kalibodri untuk bulan oktober ini hanya satu kali seminggu. “Kebanyakan yang diangkut truk barang yang hendak dikirim ke Kalimantan melalui pelabuhan Kumai. Untuk bulan ini jadwal perjalanan baru seminggu sekali,” ujar Imron.

KMP Kalibodri menjadi satu-satunya angkutan penyebarangan dengan tujuan Kumai yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Kendal. Selain pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang, petugas balai karantina juga memeriksa hewan dan tanaman yang dibawa penumpang. (MJ-01)

Ini Menarik!

Golkar Restui Lima Paslon Bertarung di Pilkada Serentak 2018

Share this on WhatsAppSEMARANG – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Golkar mengeluarkan …

Silakan Berkomentar