Home > JATENG RAYA > Cegah Anthraks, Pemkab Kendal Awasi Peredaran Daging Sapi

Cegah Anthraks, Pemkab Kendal Awasi Peredaran Daging Sapi

​​

ilustradi
KENDAL –  Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal akan memperketat pengawasan lalu lintas daging di Kabupaten Kendal. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya daging yang terinfeksi bakteri anthraks.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Kab Kendal, Drh Sri Wahyuni, mengungkapkan, meski bukan wilayah endemi Anthrax namun pihaknya lebih memperketat pengawasan lalu lintas daging luar kota baik di peternakan maupun pasar hewan.

“Daging yang masuk dari luar kota tidak banyak hanya 40 persen sisanya produksi dari dalam kabupaten Kendal selain itu Kendal juga selama ini juga tidak menerima daging dari Kulonprogo dan Boyolali,” imbuhnya.

Selain menperketat pengawasan, Yuni menambahkan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal juga memeriksa kesehatan hewan sebelum dipotong. 

Yuni mengungkapkan, selama ini pihaknya belum pernah menemukan kasus hewan yang terkena Antraks. 

“Kami berikan pengawasan mutikomplek, kami juga mengimbau agar semua peternakan tanggap bila menemukan hewan yang mati mendadak agar segera lapor petugas kesehatan hewan yang ada di tiap kecamatan,” bebernya. 

Yuni juga akan selalu monitoring juga menggelar pengobatan massal yang rutin digelar tiap tahun.

Sementara itu, Ariani Wardiati, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinad Kesehatan Kabupaten Kendal menekankan bahwa virus Anthrax bukan virus yang menular dari manusia ke manusia namun hanya ditularkan hewan ke manusia.

Meski demikian Ariani menghimbau agar masyarakat cerdas mengolah daging ternak.

“Untuk pencegahan gunakan sarung tangan dan masker saat mengolah daging, serta masak daging dengan sempurna artinya hindari daging yang setengah matang,” himbaunya. (MJ-01)

Ini Menarik!

Pembangunan Proyek Vital Bandara Diprioritaskan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang khususnya pada proyek bangunan …

Silakan Berkomentar