Cegah Abrasi, USM Tanam 3.000 Mangrove di Mangunharjo

SEMARANG – Mahasiswa dan dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Semarang (USM) berupaya memperbaiki lingkungan pantai dengan melakukan penanaman mangrove. Hal ini didasari karena saat ini lingkungan pantai kurang diperhatikan. Padahal, peran mangrove sangat penting untuk menghadang gelombang sekaligus menjaga keseimbangan ekosistem bagi banyak makhluk hidup.

Kegiatan penanaman bibit mangrove di Pantai Mangunharjo Kecamatan Tugu Semarang pada Sabtu (7/7). Foto: istimewa

Sebanyak 3.000 bibit mangrove ditanam oleh Progdi Teknik Informatika USM bekerjasama dengan Djarum Trees for Life dan masyarakat sekitar di Pantai Mangunharjo Kecamatan Tugu Semarang pada Sabtu (7/7). Bibit mangrove ditancapkan dan diberi penyangga agar tumbuh sempurna sehingga akarnya kuat.

Koordinator lapangan Djarum Trees for Life, Eri menuturkan pihaknya sangat mendukung kegiatan peduli lingkungan hidup seperti ini dan siap berperan serta. Tujuannya adalah untuk membantu mencegah abrasi di pantai. Dengan demikian, kelestarian ikan di daerah ini juga terjaga.

“Kami berharap acara tanam mangrove ini dapat bermanfaat suatu saat nanti. Semoga apa yang sudah kita jalankan ini akan berpengaruh pula bagi masyarakat sekitar Pantai Mangunharjo”, tutur dosen pendamping kegiatan, Febrian Wahyu Christanto, (9/7).

Tantangan berikutnya dalam penanaman bibit mangrove adalah pengawasan agar bibit yang ditanam bisa benar-benar tumbuh kuat. Pihak USM dan Djarum Trees for Life berharap tidak akan ada kendala berarti yang dihadapi bibit-bibit tersebut agar memberikan manfaat bagi ekosistem pantai. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.