Candi Borobudur Menginspirasi Perdamaian Dunia

MAGELANG –  Event Borobudur International Conference (BIC) kembali diadakan untuk yang ketiga kalinya dengan mengambil inspirasi dari Candi Borobudur. Kali ini tema yang diusung  ‘Borobudur as an Inspiration of Humanity and Civilization’.

BIC 2018
Para tokoh agama, akademisi dan Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Ricky Siahaan usai jumpa pers acara BIC di komplek taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jumat (4/5). Foto: ch kurniawati

“Tema ini kita angkat  mengingat tahun ini di Indonesia merupakan tahun politik, sehingga diharapkan Borobudur menjadi inspirasi untuk mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan di tengah  perbedaan-perbedaan yang ada,” demikian sambutan Dirut PT Taman Wisata Candi (TWC) Edi Setijono yang diwakili Direktur Pemasaran dan Pelayanan, Ricky Siahaan dalam pembukaan 3rd Borobudur International Conference 2018 di komplek taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jumat (4/5).

Dikatakan, salah satu elemen dasar kemanusiaan, yaitu kebaikan, hendaknya tidak dilupakan tetapi justru semakin kokoh di tengah masyarakat dengan kondisi perbedaan yang beragam, baik perbedaan politik, keagamaan, budaya, dan sosial. Melalui penyelenggaraan Konferensi Internasional di Borobudur ini, peserta konferensi dan masyarakat dunia diingatkan kembali akan pentingnya nilai-nilai kemanusiaan untuk membangun peradaban demi terciptanya keharmonisan dan kebersamaan.

Disampaikan pula, penyelenggaraan “3rd Borobudur International Conference” ini menjadi sebuah forum penting, di mana para tokoh budaya dan agama dari berbagai komunitas hadir untuk menyampaikan pandangannya tentang Borobudur.

“Kita berharap kegiatan ini dapat kembali mengangkat citra Candi Borobudur di mata dunia sebagai sumber inspirasi nilai kemanusiaan dan peradaban untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan bagi umat manusia di seluruh dunia,” ujarnya.

Menurut Edi, event 3rd Borobudur International Conference (BIC) ini terselenggara atas kerjasama antara PT TWC, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan dan Kementerian BUMN melalui Sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri.

Kegiatan ini menghadirkan Guest Speaker His Eminence Kyabje Dagri Rinpoche (Serajey Monastic Univertas in Bangalore, India). Edi juga berharap, keberadaan Candi Borobudur akan memberi inspirasi bagi seluruh masyarakat yang mewakili beragam keilmuan untuk melahirkan karya-karya besar yang inovatif. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.