Beranda JATENG RAYA METRO KEDU Candi Borobudur Diproyeksikan jadi Magnet Wisatawan Thailand

Candi Borobudur Diproyeksikan jadi Magnet Wisatawan Thailand

130
0

MAGELANG – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ingin menjalin kerja sama bidang pariwisata dengan Thailand melalui destinasi wisata Candi Borobudur. Candi yang berada di Kabupaten Magelang ini sengaja dijadikan destinasi mengingat mayoritas penduduk Negeri Gajah Putih beragama Budha.

Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Thailand Don Pramudwinai saat berada di candi Borobudur Magelang, Jumat (6/7). Foto: ch kurniawati

“Saat ini kita sedang fokus menggarap kerjasama bidang pariwisata sehingga bagaimana mensinergikan pariwisata Indonesia dengan Thailand,” kata Retno usai mengajak Menlu Thailand Don Pramudwinai mengelilingi candi Borobudur Magelang, Jumat (6/7).

Retno juga mengatakan, saat ini juga sedang fokus menggarap promosi wisata bersama antara Indonesia dan Thailand serta sebaliknya. Misal, turis yang datang ke Thailand bisa berkunjung ke Indonesia, dan sebaliknya turis yang berkunjung ke Indonesia bisa ke Thailand.

Tawaran wisata yang dipromosikan difokuskan ke Candi Borobdur, kendati ada destinasi wisata lain seperti Bali. “Namun karena yang sangat dekat dengan kultur dan kepercayaan masyarakat Thailand adalah Candi Borobudur, maka kita tawarkan Candi Borobudur ini,” terangnya.

Untuk bentuk tawaran yang digulirkan juga bermacam-macam, bisa wisata religi dan lainnya. Oleh karena itu, ia sengaja mengajak Menteri Luar Negeri Thailand untuk mengelilingi candi Budha yang merupakan peninggalan dinasti Syailendra abad ke 8 ini. Ikut serta dalam rombongan untuk melihat Candi Borobudur dari dekat, Menteri Pariwisata Thailand dan unsur lainnya.

Menlu juga mengatakan, kunjungan wisatawan Thailand ke Indonesia mencapai 100 ribu lebih orang per tahun. Namun demikian, wisatawan Indonesia yang ke Thailand juga cukup tinggi lebih dari angka wisatawan Thailand yang masuk ke Indonesia.

“Saya lupa angkanya, tapi bisa mencapai 110 ribu atau 120 ribu/tahun,” ungkapnya.

Sebelum mengelilingi Candi Borobudur, kedua Menteri Luar Negeri ini mengadakan pertemuan bilateral di Hotel Tentrem Jogjakarta dengan agenda “The Joint Commission Meeting Between The Republic of Indonesia and The Kingdom of Thailand. (MJ-24)