Home > JATENG RAYA > “Camar” Jadikan Tambakrejo Obyek Wisata dan Bebas Rob

“Camar” Jadikan Tambakrejo Obyek Wisata dan Bebas Rob

(foto: istimewa)
SEMARANG – Abrasi yang mengakibatkan rob di Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara telah menggerakkan semangat warga yang tergabung dalam kelompok Camar untuk melestarikan lingkungan pesisir.
Selama tujuh tahun, kelompok Camar beranggotakan 10 orang, bergelut menghidupkan kembali ekosistem di pesisir pantai utara Semarang, dengan menanam mangrove. Kegiatan mereka diawali dengan penghijaun kawasan pesisir yang didukung PT Pertamina (Persero) melalui program CSR sejak 2010 silam.
Ketua kelompok Camar, Juraimi ingin mengembalikan desanya seperti dulu, menjadi desa pesisir yang sejuk dan tidak lagi terendam rob.
“Upaya Kelompok Camar menghijaukan kawasan pesisir kini tampak hasilnya. Hutan mangrove yang membentang sepanjang sekitar 1,5 kilometer sampai bibir pantai tumbuh lebat. Kawasan mangrove pun telah menjadi tujuan wisata bagi warga setempat maupun desa lainnya,” uungkapnya Kamis (7/9).
Dia menambahkan, ekosistem mangrove tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga telah memberikan dampak ekonomi bagi anggotanya.
Ke depan Juraimi berharap hutan mangrove Tambakrejo diharapkan bisa menjadi kawasan ekowisata, dengan penambahan faailitas pendukung. Dia berharap akan ada program CSR untuk  pengembangan wisata berbasis lingkungan di tempat tersebut. Tahun ini Pertamina telah merencanakan penanaman 6.000 mangrove di Tambakrejo, sebagai bagian dari program CSR bidang lingkungan. (ade)

Ini Menarik!

Hadapi Natal dan Tahun Baru, TPID Gelar Operasi Pasar di 58 Titik

Share this on WhatsApp SEMARANG- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar …

Silakan Berkomentar