Home > JATENG RAYA > EKONOMI BISNIS > Buruh Nyonya Meneer Kawal Pengelolaan Aset

Buruh Nyonya Meneer Kawal Pengelolaan Aset

Buruh Nyonya Meneer. (foto: metrojateng.com)

SEMARANG – Buruh-buruh PT Nyonya Meneer dipastikan akan mengawal pengelolaan aset bangunan pabrik jamu tersebut setelah adanya putusan pailit dari pihak pengadilan negeri Semarang.

Kuasa hukum buruh Nyonya Meneer, Paulus Sirait, mengatakan pengawasan pada aset diperlukan agar tidak disalahgunakan.

“Soal aset, karyawan yang masih aktif mengawal aset-asetnya agar tak ada penggelapan,” kata Paulus, Minggu (6/8).

Untuk saat ini, ia menegaskan masih mendata ulang jumlah buruh yang terdampak setelah putusan pailit diketuk pihak pengadilan.

Pendataan akan dilakukan menyeluruh karena ia masih menemukan buruh-buruh yang masih bekerja di Nyonya Meneer Jalan Raden Patah.

“Jumlah buruh  akan minta data valid dari perusahaan. Ini masih running berjalan jumlahnya ratusan. Kita kasih waktu (perusahaan) sampai Selasa,” jelasnya.

Ia memperkirakan jumlah buruh Nyonya Meneer mencapai ratusan orang. Mereka ada yang sudah dirumahkan maupun masih bekerja.

Ada pula karyawan pensiunan dan yang masih bekerja sampai sekarang. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Jawa Tengah, Nanang Setyono, mendesak Gubernur Jateng memediasi supaya hak para buruh bisa terpenuhi.

“Kami khawatir perusahaan akan lepas tanggung jawab begitu saja atas hak para buruhnya. Ini setelah perusahaan itu dinyatakan pailit,” papar Nanang.

Menurut Nanang, implikasi besar terkait keputusan pailit pabrik Nyonya Meneer jelas membuat ribuan buruh kehilangan pekerjaan.

Tak hanya itu saja katanya. Perjuangan para buruh selama setahun ini dalam meminta haknya juga harus kandas.

Diduga kuat, putusan pailit dari pengadilan justru melanggengkan upaya perusahaan untuk lepas tanggungjawab dalam memberikan hak kepada buruhnya.

“Perjuangan ribuan buruh selama untuk mendapatkan hak pesangon bahkan tunjangan hari raya (THR) juga akan kandas. Perusahaan pasti dengan gampangnya akan lepas tanggungjawab,” kata Nanang. (far)

Ini Menarik!

Konduktor Asal Amerika Akan Ramaikan Konser Sumpah Pemuda

Share this on WhatsAppSEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota Semarang melalui …

Silakan Berkomentar