Home > HEADLINE > Bursa Ketua DPC PDIP Kendal Memanas, Widya Kandi Tetap Kalem

Bursa Ketua DPC PDIP Kendal Memanas, Widya Kandi Tetap Kalem


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 435
Widya Kandi Susanti bakal mendapat saingan berat untuk kembali memimpin DPC PDIP Kendal. Foto Metrojateng
Widya Kandi Susanti bakal mendapat saingan berat untuk kembali memimpin DPC PDIP Kendal. Foto Metrojateng

KENDAL – Bursa pencalonan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Kendal mulai memanas. Langkah Widya Kandi Susanti untuk kembali memimpin partai berlambang banteng moncong putih itu akan berat karena sejumlah nama mulai masuk dalam bursa pencalonan Ketua DPC.

Salah satu pesaing kuat Widya adalah Prapto Utono. Bahkan Ketua DPRD Kendal itu menyatakan mampu mengemban amanah untuk memimpin kader maupun anggota partai di berlambang Banteng moncong putih itu. “Saya optimistis bisa terpilih dengan mekanisme pemilihan ketua DPC PDIP yang ada saat ini,” ujar Prapto.

Prapto membeber, selain namanya ada sejumlah pengurus DPC PDIP lain yang masuk sebagai bakal calon Ketua DPC PDIP Kendal. Yakni Ketua DPC PDIP (aktif) Widya Kandi Susanti, Bendahara DPC PDIP Ahmad Suyuti, Tri Purnomo, Gunawan, Sutrimo, Munawir, Suroto dan Mudzakir.

Dijelaskannya, sepanjang sesuai dengan mekanisme yang diatur Surat Keputusan (SK) DPP PDIP ada dua hal yang harus digarisbawahi. Yakni SK nomor 066 dan SK nomor 067 tentang penjaringan dan pemilihan Ketua DPC maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Dimana nama-nama bakal calon ketua harus diusung melalui tahapan penjaringan di ranting.

Nah, saat ini hingga pertengahan bulan tahapannya adalah penjaringan nama-nama bakal calon di ranting yang tersebar di 286 desa dan keluarahan. Hasil nama-nama bakal calon tersebut, kemudian disaring lagi melalui rapat pimpinan anak cabang (PAC) yang di 20 kecamatan di Kendal pada 11 dan 12 Januari 2015 mendaang.

Dari hasil nama-nama yang muncul sebagai bakal calon, kemudian dievaluasi dan disaring lagi ditingkat DPD untuk mendapatkan lima nama bakal calon yang sah. “Lima bakal calon inilah nantinya yang kemudian akan kami kirim ke DPP PDIP di Jakarta.  Lima nama nantinya akan dilakukan ujian, psikotes, wawancara termasuk fit and proper test,” jelasnya.

Tiga calon ketua yang sah dari DPP inilah yang kemudian akan dipilih oleh anggota melalui musyawarah mufakat di pengurus DPC. Apabila dari tidak mencapai nama mufakat, lanjut Prapto, maka baru akan dibahas dalam konvercab. Jika dalam rapat konvercab tetap memperoleh kesepakatan, maka akan dikembalikan ke DPP PDIP.

Sementara, Widya Kandi Susanti hanya menanggapi secara dingin persaingan menuju bursa Ketua DPC PDIP Kendal. Menurutnya, meski tidak ada voting ia yakin bisa terpilih lagi. “Pemilihan Ketua DPC sejauh ini masih aman-aman saja. Nama-nama bakal calon yang muncul dari ranting dan PAC akan dibahas dalam rapat pleno akhir Januari nanti,” katanya.

Widya menambahkan dengan musyawarah mufakat, siapa yang diusulkan sebagai calon ketua DPC dan akhirnya terpilih, tidak boleh menghilangkan nama-nama calon dari kepengurusan DPC. “Bakal calon yang tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP harus dimasukkan sebagai pengurus nantinya,” tambahnya. (MJ-01)

Ini Menarik!

Hadiri Pendaftaran Calon, Istri Ganjar Diperiksa Bawaslu

  SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah memeriksa Siti Atiqoh yang tak lain …

Silakan Berkomentar