Beranda JATENG RAYA Bupati Temanggung Kembali Dicalonkan

Bupati Temanggung Kembali Dicalonkan

24
0
BERBAGI
Pasangan Bambang Sukarno (PDIP) – Matoha (PKB) naik delman menuju KPUD Temangggung untuk mendaftar sebagai bakal calon Bupati Temanggung periode 2018-2023. (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

 

TEMANGGUNG – Bupati Temanggung petahana Bambang Sukarno bersama pasangannya Matoha, mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Temanggung, Selasa (9/1). Pasangan koalisi PDIP dengan PKB ini diiringi ratusan kader dari partai masing-masing. Mereka berjalan kaki dari kantor DPC PDIP di Kowangan menuju KPU yang berjarak sekitar satu kilometer.

Sementara, Bambang – Matoha naik delman. Demikian juga dengan istri masing-masing bakal calon yang turut serta mengantarkan Bambang – Matoha. Arak-arakan tiba di KPU Temanggung pukul 9.15. Ketua KPU Temanggung Sujatmiko beserta seluruh Komisioner KPU Temanggung menyambut mereka. Bambang-Matoha merupakan pasangan Bacabup-Bacawabup Temanggung yang pertama mendaftar.

KPU lantas melakukan pemeriksaan berkas, baik syarat pencalonan dan syarat calon terhadap Bambang dan Matoha. Seperti berkas syarat dukungan parpol berupa surat rekomendasi dari partai pengusung, yakni PDIP Perjuangan dan PKB. Syarat-syarat pribadi, seperti daftar riwayat hidup, foto kopi KTP, Ijazah, SKCK, daftar kekayaan diri dan lainya.

Setelah mendaftar, pasangan ini akan mengikuti tahapan berikutnya, yakni pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSUD Moewardi Solo yang dijadwalkan tanggal 12-13 Januari mendatang. “Selain Bambang-Matoha, ada koalisi dari Parpol lain yang telah berkomunikasi mau mendaftar,” kata Sujatmiko.

Ia menyebut ketua Nasdem Temanggung, Sayid sudah mengirim pesan via Whatsapp, akan mendaftar besok, Rabu (10/1). Sedangkan yang lain belum ada yang melakukan komunikasi.

Bambang Sukarno menuturkan, niatnya kembali maju dalam Pilkada kali ini bersama Matoha (Wakil Ketua DPRD Temanggung dan Ketua DPC Temanggung) lantaran ia sudah mendapat kepercayaan rakyat. Bambang mengklaim sudah banyak melakukan pembangunan dan ingin melanjutkannya. Ia optimis dalam Pilbup 2018 ini pihaknya akan menang.

Sementara Matoha menyatakan akan memperjuangkan nasib petani tembakau, jika dirinya diberi amanah rakyat Temanggung untuk memimpin Kabupaten Temanggung. “Karena saya lahir dan besar dari keluarga petani tembakau. Tentu saja saya akan memperjuangkan petani tembakau. Saya juga akan kembangkan sektor pariwisata,” ujarnya.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Temanggung Muh Amin menuturkan, koalisi PDI Perjuangan dan PKB merupakan koalisi merah hijau, koalisi nasionalis-religus, pokoknya Indonesia banget. Ia menyebutkan, pasangan ini merupakan pimpinan zaman now.

“Dengan kekuatan PDIP yang merupakan partai pemenang dan PKB partai pemenang kedua di Temanggung. Bang Somat (Bambang bersama Matoha) bisa menang,” tegasnya. (MJ-24)