Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Bupati Boyolali Wacanakan E-Voting di Pilkada 2015

Bupati Boyolali Wacanakan E-Voting di Pilkada 2015


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 425
Ilustrasi
Ilustrasi

BOYOLALI – Bupati Boyolali, Seno Samodro, mewacanakan pelaksanaan Pilkada 2015 mendatang menggunakan e-voting atau dengan sistem elektronik. Menurutnya, sistem itu akan menghemat biaya dan waktu.

“Jika ini terlaksana, akan menjadi yang pertama di Indonesia,” ujar Bupati Seno Samodro, Rabu (3/9).

Dikemukakan Bupati, Boyolali sudah punya pengalaman dalam pemilihan umum dengan sistem elektronik. Yaitu saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2013 lalu. Sedikitnya 8 desa telah mengaplikasikan teknologi tersebut dalam Pilkades.

Dalam pelaksanaan Pilkades dengan e-voting itu mendapatkan pendampingan langsung dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Bahkan, teknologi yang digunakan dalam Pilkades tersebut juga menjadi yang pertama di Indonesia dan sudah dipatenkan. “Hasilnya memuaskan, pengaplikasiannya juga mudah. Pemilih tinggal pencet monitor komputer saja, memilih calon yang dikehendakinya,” katanya.

Jika Pilkada e-voting ini dapat dilaksanakan, tentu akan ada sosialisasi dan pembelajaraan terlebih dahulu kepada masyarakat. Terutama cara memilih menggunakan perangkat komputer tersebut.

Pemilu dengan sistem elektronik itu juga dinilai akan lebih hemat biaya maupun waktu serta dapat meminimalisasi kesalahan dan kecurangan. Perolehan suara calon dapat langsung diketahui. “Juga tidak ada surat suara rusak, sebab tidak menggunakan surat suara,” jelasnya.

Terpisah Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono, menyatakan belum bisa memutuskan apakah Pilkada Boyolali 2015 mendatang bisa dilaksanakan dengan sistem elektronik. Sebab penerapan e-voting dalam Pilkada perlu landasan hukum yang jelas. “Kami akan konsultasi dulu ke KPU pusat, apakah bisa digelar Pilkada e-voting tahun 2015 mendatang,” kata Siswadi. (MJ-07)

Ini Menarik!

Tercatat Sebagai Anggota Golkar, Orang Ini Dicoret dari PPS

Share this on WhatsApp     MAGELANG – Ketahuan pernah mencalonkan diri menjadi anggota legislatif …

Silakan Berkomentar