Home > JATENG RAYA > Bukit Longsor, Rumah Janda Ini ‘Nggantung’

Bukit Longsor, Rumah Janda Ini ‘Nggantung’

KENDAL – Longsor kembali terjadi di Kendal  akibat curah hujan yang masih tinggi. Sebuah rumah yang berada diatas bukit longsor dan posisinya menggantung.

Posisi rumah Warsi janda 75 tahun di Dukuh Banyuwindi Desa Limbangan Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal  sudah menggantung. Bagian belakang rumah longsor terbawa material bukit yang tergerus air. Warsi beruntung berada di ruang depan saat longsor terjadi Selasa (17/01) siang sehingga lolos dari maut.

Rumah janda ini berada di bukit berketinggian empat meter, saat kejadian gerimis mengguyur wilayah Limbangan. Tanah yang labil mengakibatkan bukit longsor sepanjang sembilan meter dan sempat menutup akses jalan kampung yang berada di bawahnya.

Menurut warga, bangunan yang rusak akibat tergerus longsor adalah bagian dapur dan belakang. “Material longsor sempat menutup jalan namun dibersihkan warga agar bisa dilalui. Pemilik rumah sudah diungsikan ke rumah anaknya menghindari longsor susulan,” ujar Ismiyati, tetangga korban.

Camat Limbangan Widodo mengatakan, penanganan bencana longsor sudah dilakukan dengan memberikan bantuan kepada korban serta berkordinasi dengan BPBD Kendal untuk perbaikan rumah Warsi.

“Kita sudah memberikan bantuan kepada korban berupa bahan makanan dan sementara korban tinggal di rumah anaknya tidak jauh dari lokasi,” kata Widodo.

Dikatakan  wilayah Kecamatan Limbangan merupakan dataran tinggi dan rawan terjadi longsor karena tanahnya sebagian labil. Ia berpesan kepada warga untuk terus waspada karena curah hujan masih tinggi.

Longsor ini merupakan kejadian kedua, setelah sebelumnya dua rumah di pinggir Kali Woyo tergerus aliran sungai dan rusak parah. Warga di sekitar lokasi kejadian khawatir akan terjadi longsor susulan karena curah hujan yang masih tinggi. (MJ-01)

Ini Menarik!

Mengunjungi Jejak Sejarah Indonesia di Lawang Sewu

Share this on WhatsAppLawang Sewu dalam bahasa Indonesia berarti “Pintu Seribu”. Warga Semarang menyebutnya demikian …

Silakan Berkomentar