Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > BPBD Usulkan Pipanisasi untuk Atasi Kekeringan di Kabupaten Magelang

BPBD Usulkan Pipanisasi untuk Atasi Kekeringan di Kabupaten Magelang

image
Antrean air bersih di Dusun Kenalan, Kecamatan Borobudur. Foto Metrojateng

MUNGKID– Program pengurangan dampak kekeringan di Kabupaten Magelang mulai ditata untuk jangka panjang. Salah satunya mengusulkan pembuatan saluran air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan.
     
Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo mengatakan sedikitnya baru ada enam desa yang memungkinkan dibangun saluran air melalui Pipaniasi. Antara lain Desa Mranggen di Kecamatan Srumbung, Desa Munggangsari Kecamatan Kaliangkrik, Desa Kembanglimus, dan tiga desa lain di Kecamatan Borobudur. 
     
Untuk daerah lain yang mengalami kekeringan dinilai belum bisa diberlakukan program tersebut mengingat ketersediaan air dan medan yang sulit. “Seperti di Kenalan (Borobudur) itu medannya sangat sulit dan ketersediaan air pun minim,” katanya, Selasa (9/9).
     
Di enam desa yang diusulkan tahun depan itu katanya masih memungkinkan pipanisasi, maupun penggunaan pompa untuk mengambil air yang sebenarnya sudah ada. “Akan ada kajian lebih lanjut nantinya,” jelas Joko.
     
Joko mencontohkan program ini sudah berhasil. Pada tahun 2013 kemarin sudah mendapatkan bantuan pipanisasi yaitu Dusun Kalitulung, Desa Gondowangi, Kecamatan Sawangan, Desa Banyudono Kecamatan Dukun, dan Dusun Maitan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur. (MJ-14)

Ini Menarik!

Tingkatkan Produktivitas Usaha Mikro, Bank Jateng Siap Gelar IIMF

Share this on WhatsApp SEMARANG – Bank Jateng bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap menggelar …

Silakan Berkomentar