Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > BPBD Buka Posko Bantuan Banjarnegara di Alun-alun Kendal

BPBD Buka Posko Bantuan Banjarnegara di Alun-alun Kendal

Aksi aktivis di Kendal untukk korban bencana di Banjarnegara. Foto Metrojateng
Aksi aktivis di Kendal untukk korban bencana di Banjarnegara. Foto Metrojateng

KENDAL – Bencana tanah longsor di  Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar Banjarnegara mengundang keprihatian sejumlah kalangan. Seperti  aktivis HAM di Kabupaten Kendal yang tergabung dalam Sosialisme melakukan doa bersama di depan Pasar Kota Kendal. Mereka membentuk lingkaran sambil bergandeng tangan dan menundukkan kepala guna memanjatkan doa untuk para korban bencana.

Anggota Sosialisme ini juga mengenakan pita hitam di lengan mereka sebagai tanda duka yang sangat mendalam atas tragedi yang sampai saat ini terdata telah menewaskan 64 orang dan puluhan lainnya hilang. Tak sedikit dari anggota aktifis wanita terlihat meneteskan air mata saat renungan dan doa bersama.

Koordinator Sosialisme, Agus Sulistyo, menuturkan meskipun sementara hanya dapat memberikan bantuan berupa doa, ia berharap agar semua korban hilang dapat segera ditemukan. Sedangkan korban selamat yang saat ini sedang berada di pengungsian bisa mendapat bantuan yang mereka butuhkan.

“Pemerintah seharusnya tidak hanya datang ketika ada bencana yang menimbulkan korban seperti di Banjarnegara. Seandainya pemerintah melakukan tindakan pencegahan, tentunya longsor yang membuat korban begitu banyak tidak akan terjadi. Kami harap ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua,” tuturnya.

Tidak hanya doa untuk korban tanah longsor, kepedulian lain dilakukan  Komunitas Wartawan Kendal (Kawal). Sejumlah wartawan nampak membawa kotak yang didesain sedemikian rupa dan bertuliskan wartawan Kendal peduli Banjarnegara. Mereka meminta sumbangan di kantor-kantor instansi pemerintah untuk mau ikut menyumbangkan sedikit uangnya kepada para korban longsong Banjarnegara.

“Kami hanya ingin mengajak PNS untuk ikut berpartisipasi aktif dalam membantu korban longsor di Banjarnegara. Hasil sumbangan ini nantinya akan kami kirim melalui perwakilan kami yang akan mengunjungi para korban yang sedang berada di pengungsian,” ujar Sapawi, Ketua KAWAL, saat mengedarkan sumbangan di kantor humas Setda Kabupaten Kendal.

Rencananya aksi tersebut masih akan dilakukan Rabu (17/12)  ke sejumlah instansi lain maupun  terjun ke jalan-jalan atau tempat-tempat strategis yang banyak dikunjungi orang. Sehingga dana yang terkumpul bisa banyak dan dapat membantu para korban bencana alam di Banjarnegara.

Kabag Humas Setda Kendal, Heri Wasito mengatakan memberikan apresiasi kepada para jurnalis yang tergabung dalam Kawal yang telah menggalang dana untuk korban tanah longsor di Banjarnegara. “Kami persilakan bagi Kawal untuk masuk ke instansi-intansi yang ada di Kendal untuk menggalang dana,” tuturnya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendal, Selamet mengatakan pendirian posko peduli korban bencana di dirikan di Alun-alun Kendal. Posko tersebut untuk menampung bantuan bencana untuk kemudian disalurkan bagi para korban bencana alam.

“Di posko ini akan buka mulai hari   ini, sampai nanti masa tanggap darurat korban longsor selesai. Nah, masyarkat bisa menyumbangkan apapun, baik uang maupun barang. Jika sudah terkumpul banyak, akan kami kirim Banjarnegara,” tandasnya. (MJ-01)

 

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar