Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Boyolali akan Kembangkan Budi Daya Lele Teknologi Bioflok

Boyolali akan Kembangkan Budi Daya Lele Teknologi Bioflok

image
Ilustrasi

BOYOLALI – Pemkab Boyolali akan melakukan uji coba budi daya ikan lele dengan teknologi bioflok. Lahan untuk kolam-kolam tersebut sudah disiapkan Pemkab setempat, yaitu di Desa Doplang, Kecamatan Teras.

Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Naryanto, mengatakan untuk pengembangan ikan lele dengan sistem baru ini, Pemkab Boyolali mendapat bantuan dana dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Boyolali mendapat bantuan dana TP (tugas pembantuan) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2014. Dana itu salah satunya yakni untuk penerapan sistem bioflok budi daya ikan lele,” ujar Naryanto, kepada wartawan Sabtu (30/8).

Menurut dia, dananya senilai Rp 360 juta yang akan dialokasikan untuk demonstration farming (demfarm). Diantaranya pembuatan 20 unit kolam fiber masing-masing berdiameter 2,5 meter, pengadaan bibit, pakan, desinfektan, tepung terigu, hingga peralatan untuk menghidupkan probiotik, serta peralatan lainnya.

“Rencananya awal bulan September ini mulai proses lelang. Sehingga diharapkan akhir September sudah bisa dilaksanakan,” katanya.

Teknologi ini baru pertama kali ini akan diterapkan di Boyolali. Dijelaskan Naryanto, teknik bioflok pada intinya mereduksi bahan-bahan organik dan senyawa beracun yang terakumulasi dalam air pemeliharaan ikan, sehingga akan mengefisiensikan pakan dan meningkatkan kualitas air. Teknik yang baru ini akan diuji cobakan di kolam fiber. Nanti hasilnya akan dibandingkan dengan budi daya ikan lele pada kolam alami di kampung lele.

Program ini juga dalam rangka pengembangan kawasan mina padi yang dilakukan Pemkab Boyolali. Pengembangan mina padi lele itu akan dilaksanakan pada lahan-lahan persawahan yang sering diserang hama tikus. Diharapkan dengan mina padi lele itu akan menghambat serangan hama tikus dan bisa menekan kerugian petani. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar