Biar Santri, Tetap Mahir Skill Mekanik

mekanik santri
Honda mengadakan Program Pelatihan, Pendampingan, dan Magang Calon Mekanik Sepeda Motor Honda. (Foto: istimewa)

SEMARANG – Main Dealer Astra Motor Jateng bekerja sama dengan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) dan Yayasan Dana Bhakti Astra (YDBA) mengadakan Program Pelatihan, Pendampingan, dan Magang Calon Mekanik Sepeda Motor Honda. Kali ini, 24 santri dari 15 pondok pesantren yang ada di 14 kota di Jawa Tengah yang tergabung dalam Rabithah Ma’ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jawa Tengah telah melewati seleksi awal untuk mendaftar program ini.

“Kami ingin memberikan life skill kepada mereka yang masih dalam usia pelajar, tidak melulu melalui sekolah formal namun juga ke lembaga informal seperti pesantren,” kata Wakil Ketua YAHM, Ahmad Muhibuddin, Jumat (23/3).

Di akhir program, terpilih 3 santri yang mendapat nilai paling baik yang didapatkan dari ujian, hasil evaluasi magang, hasil supervisi magang serta nilai yang diberikan oleh AHASS tempat mereka magang. Tiga santri terpilih tersebut adalah Alwan Mas’ud dari pondok pesantren An-Nahl Purbalingga, Ahmad Burhanuddin dari pondok pesantren Maslakul Huda Pati, dan Agus Mudrik dari pondok pesantren Al-Amiriyyah Brebes.

Masing-masing juara mendapatkan penghargaan dari Astra Motor Jateng serta mendapatkan tool kit box yang dapat digunakan oleh para santri untuk mempraktekkan ilmunya yang didapatkan selama program berlangsung di pesantren masing-masing. Pihaknya berharap, ke depannya para santri mau bergabung dengan Honda atau menjadi mitra Honda kalau memilih untuk berwirausaha.

24 santri melalui 10 hari observasi untuk mengenal alur kerja di AHASS kemudian dilanjutkan dengan pelatihan di Astra Motor Training Center (AMTC) selama satu minggu dan dua bulan magang di 23 AHASS yang ada di eks-Karesidenan Semarang. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

84 − 77 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.