Beranda GUBERNURAN Bernostalgia di Kalianyar, Jokowi Dihadiahi Lagu Tukang Becak

Bernostalgia di Kalianyar, Jokowi Dihadiahi Lagu Tukang Becak

3
0

image

SOLO-Mengenang masa kecil tinggal di pinggir bantaran Kalianyar, anak Sungai Bengawan Solo, presiden terpilih Joko Widodo mengunjungi kampung Cinderejo Lor RT 1 RW 5, Gilingan, Banjarsari, Solo, Sabtu (13/9), siang. Dengan mengenakan baju lengan panjang warna putih, begitu turun dari mobil Mercy dia terus menyusuri mulut gang menyalami warga.

Di sepanjang jalan yang dilewati, warga menyambutnya dan bersalaman maupun ada yang memfoto, bahkan merekam dengan handphone. Meski, dikawal ketat Paspampres, warga masih bisa menyalami presiden terpilih yang memenangi dalam Pilpres 9 Juli, lalu.

Namun, presiden terpilih yang biasa disapa Jokowi, tersebut telah lupa dengan letak rumahnya saat masih kecil. Yang dia ingat rumah orangtuanya dulu di belakang persis ada palung sungai ataukedhung. “Ya mengenang masa kecil tinggal di pinggir kali,” ujar Jokowi yang dikerubuti warga setempat.

Ketika tinggal di kampung tersebut, usia Jokowi masih 11 tahun. Bahkan, kalau sumur warga yang diperuntukan bagi 20 warga penuh, dia dulu sering mandi di kedhung tersebut. Namun ketika itu, air dikedhung masih bersih dan bening, berbeda dengan kondisi saat ini.

Dari mengunjungi bekas kampungnya tersebut, Jokowi mengatakan rakyatnya masih ada yang tinggal di pinggiran sungai. Nantinya, bisa menginspirasi untuk program kerjanya.

Di sela-sela mengunjungi kampung halamannya sewaktu masih anak-anak, Jokowi mendapatkan kado berupa dua lagu yang dinyanyikan, seorang Satgas PDIP Solo, Suharno (70) dan tukang becak, Suradi. Keduanya, berharap kepada presiden terpilih tersebut yang berasal dari rakyat untuk tetap merakyat selama menjalankan tugasnya. (sus)