Beranda JATENG RAYA Bermodal Pistol Mainan, Mantan Napi Gasak Motor

Bermodal Pistol Mainan, Mantan Napi Gasak Motor

12
0
BERBAGI
image
Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono menunjukkan tersangka perampokan

BOYOLALI – Seorang pelaku perampokan berhasil ditangkap jajaran Polres Boyolali. Tersangka Eko Nuryanto (29) warga Dukuh Pilang Doyong, Desa Guwo, Kecamatan Kemusu, Boyolali. Residivis kasus pencabulan itu biasa beraksi di jalanan tengah kawasan hutan Kemusu. 

Dalam aksinya, tersangka membawa senjata, berupa pistol korek api untuk menakut-nakuti korbannya. Dia berhasil membegal dua orang korban dan merebut sepeda motornya. tersangka saat ini telah di tahan di Mapolres Boyolali untuk penyidikan lebih lanjut

Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono mengatakan, tersangka sudah beberapa kali melakukan perampokan. Pertama, dialami Masrukan (62) warga Grobogan yang terjadi pada Januari 2016. Modusnya, yakni tersangka datang ke pangkalan ojek tempat korban mangkal. Tersangka meminta diantarkan ke Kedung Ombo. 

Setelah tiba ke Kedung Ombo, korban diminta turun dan ditodong senjata pistol. Tersangka merebut motor Honda Beat K 3276 FJ milik korban. “Setelah berhasil merebut motor korban, tersangka langsung kabur,” kata Budi Sartono, Rabu (13/4). 

Selain merampok Masrukin, tersangka pada Rabu (6/4) lalu juga membegal Rizky Yoga (22) warga Kecamatan Andong, Boyolali. Modusnya hampir sama dengan yang dilakukan terhadap Masrukin. Yakni tersangka datang ke rumah korban dan meminta diantarkan ke daerah Kemusu. Namun di tengah perjalanan, di tengah hutan yang sepi di wilayah Desa Genengsari, Kecamatan Kemusu tersangka minta berhenti. Kemudian tersangka minta korban untuk turun dengan ditodong menggunakan senjata pistol dan merebut motornya. Karena takut, korban pun akhirnya tak berkutik. Motor Honda Vario AD 4111 QM milik korban berhasil dibawa kabur tersangka. 

“Pistol yang digunakan tersangka menodong itu bukan senjata api beneran, tetapi cuma senjata pistol mainan. Pistol korek api,” jelas Budi didampingi Kasat Reskrim AKP Muhamad Kariri. 

Dari hasil penyelidikan petugas, akhirnya berhasil menangkap tersangka. Petugas juga berhasil menyita barang bukti dua sepeda motor yang kejahatan tersangka. “Tersangka kami jerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan (Curas),” tandasnya. 

Sementara itu tersangka Eko Nuryanto mengaku nekat merampok karena terbelit utang. Dia juga mengaku sebelumnya pernah dipenjara karena kasus pencabulan. (MJ-07)