Home > Uncategorized > Berkas Dilimpahkan, Eks Bupati Kendal Segera Disidang

Berkas Dilimpahkan, Eks Bupati Kendal Segera Disidang

image

KENDAL – Setelah sempat tertunda, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal akhirnya melimpahkan berkas kasus tersangka Mantan Bupati Kendal, Siti Nurmarkesi ke ke Pengadilan Tipikor Semarang atas kasus dugaan korupsi dana bantuan Sosial (Bansos) Kendal 2010.

Kepala Kejari Kendal, Yeni Andriani mengatakan, pelimpahan perkara lantaran menurutnya kasus tersebut sudah lama menunggak.  “Sebagai Kepala Kejari Kendal yang  baru, melihat tunggakan itu saya langsung perintahkan kepada bidang pidana khusus untuk segera menyelesaikannya dengan melimpahkannya ke Pengadilan Tipikor Semarang,” ujarnya.

Pelimpahan perkara berupa berkas dakwaan berikut tersangka Nurmarkesi dilakukan Senin (21/7) lalu. Mantan Bupati Kendal ini akan dijerat dengan pasal berlapis undang-undang pembrantasan korupsi. Ancaman pidananya adalah 20 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum Kejari Kendal rencananya akan menjerat Nurmarkesi dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang (UU) nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah ditambahkan dalam UU nomor 20 tahun 2011 tentang pemberantasan korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

 Dalam kasus ini, eks Bupati Kendal diduga melakukan korupsi dengan kerugian lebih kurang  Rp 1,3 miliar. Berkas perkara Nurmarkesi sudah dinyatakan lengkap sejak Maret lalu.

 Menanggapi hal tersebut, PLt Panitera Muda Pengadilan Tipikor Semarang, Heru Sungkowo membenarkannya. Bahwa bagian administrasi Pengadilan Tipikor Semarang telah menerima pelimpahan perkara tersangka Nurmarkesi dari Kejari Kendal.

Perkara Nurmarkesi tercatat dengan nomor 79/Pid.Sus/2014/PN.TPK.SMG. “Selanjutnya akan kami ajukan ke Ketua Pengadilan Tipikor Semarang untuk penetapan majelis hakim yang akan menangani perakara serta hari sidang perdananya,” kata Heru. (MS-05)

Ini Menarik!

PKL Resmi di Semarang Akan Diberikan Kartu Anggota

Share this on WhatsApp SEMARANG – DPRD Kota Semarang sedang berusaha membuat peraturan yang mengatur …

Silakan Berkomentar