Beranda METROJATENG PLUS Kesehatan Berbahaya! Jangan Gunakan Obat Tetes Mata Untuk Perangsang

Berbahaya! Jangan Gunakan Obat Tetes Mata Untuk Perangsang

48
0
BERBAGI
Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

Penggunaan obat-obatan di luar anjuran dokter atau ahli kesehatan dapat berakibat fatal. Apalagi penggunaan itu hanya berdasarkan rumor atau cerita dari mulut ke mulut saja. Misalnya, ada rumor atau anggapan bahwa obat tetes mata merek tertentu dapat digunakan sebagai obat perangsang seksual apabila dimimum dengan minuman bersoda.

Faktanya, obat tetes mata bisa berbahaya bila tertelan dan masuk ke perut. Didalam beberapa obat tetes mata sering terdapat kandungan Tetrahydrozoline HCL yang dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat dan pembuluh darah bila terminum.

Di dalam kemasan obat tetes mata pun sebenarnya sudah dijelaskan bahwa peruntukannya untuk obat luar. Dan efeknya bisa sangat berbahaya bila diminum seperti penurunan suhu tubuh secara extrim, tekanan darah meningkat, lalu menurun secara ektrim, berhalusinasi dan kesulitan bernafas, kejang serta bisa berujung pada kondisi koma.

Dan tentu saja, bila minuman campuran obat mata diberikan kepada orang lain bisa merugikan orang lain dan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan si pemberi bakal berurusan dengan pihak berwajib. (tro)