Beranda KRIMINAL & HUKUM Bentuk Tim Khusus, Condro Janji Tindak Pemalsu SKTM

Bentuk Tim Khusus, Condro Janji Tindak Pemalsu SKTM

17
0

SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah membentuk tim khusus untuk menangani pemalsu (Surat Keterangan Tidal Mampu (SKTM) sebagai syarat masuk sekolah. Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, pihaknya juga akan menindak tegas para pemalsu jika terbukti membuat SKTM abal-abal.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono. Foto: efendi

“Saya prihatin dengan yang terjadi. Ada kebijakan baik bagi masyarakat yang tidak mampu untuk mengenyam pendidikan justru dimanfaatkan oleh warga yang mampu menggunakan SKTM untuk bisa masuk sekolah yang diinginkan,” kata Condro usai memimpin upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Halaman Mapolda Jateng, Rabu (11/7).

Condro juga mengatakan tim khusus yang dibentuk tak hanya di jajaran Polda. Melainkan juga di jajaran Polres di seluruh wilayah di Jawa Tengah.

“Ini di bawah Ditreskrimum kemudian di tingkat Polres di bawah Reskrim. Mereka akan menyelidiki dan mencari para pemalsu. Karena ini sangat masif, sangat banyak sekali, di satu kabupaten aja ada 200 lebih,” imbuh Condro.

Jika nantinya terbukti, para pemalsu SKTM akan dikenakan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Surat dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

“Ya kami imbau untuk warga masyarakat, kalau kita ini mampu tolong lah beri kesempatan untuk saudara-saudara kita yang tidak mampu untuk bisa bersekolah,” pungkas Condro. (fen)