Home > JATENG RAYA > Belum Sempat Surut, Banjir Kembali Landa Demak

Belum Sempat Surut, Banjir Kembali Landa Demak

DEMAK – Belum sempat surut, sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal kembali dilanda banjir. Sedikitnya tiga kecamatan terendam banjir setelah hujan turun berintensitas tinggi.

Tiga kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Sayung, Mranggen dan Karanganyar. Ketinggian air mencapai 30 sentimeter hingga satu meter, yang mengakibatkan ratusan rumah terendam.

Kepala Desa Sayung, Munawir mengatakan bahwa desanya menjadi langganan banjir dari luapan Sungai Dombo.

“Sudah dua pekan lebih, banjir belum surut. Ini malah sudah datang lagi,” katanya, Selasa (14/2/2017).

Dia pun mengeluhkan sikap pemerintah setempat yang dinilai lamban dalam mengatasi bencana banjir.

“Di Sayung sudah dua minggu banjir tapi tidak ada penanganan, misalnya pendirian posko dan dapur umum. Baru hari ini (kemarin) mereka berkoordinasi dengan kami. Kasihan warga, terutama yang anak-anak. Kami berharap lebih baik kedepannya,” lanjut dia.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Agus Nugroho LP mengatakan,  banjir yang terjadi di tiga kecamatan tersebut diakibatkan luapan suangai, salah satunya sungai Kodan di Kecamatan Sayung, Kelurahan Purwosari, yang merendam ratusan rumah warga, dimana ketinggian air mencapai 1,5 meter.

“Curah hujan di Demak sangat tinggi, Tiga Kecamatan. yaitu Sayung, Mranggen, Karanganyar kebanjiran di beberapa titik, ketinggian air bervariasi, antara 30 sentimeter hingga  satu meter,” paparnya.

Untuk penanganan pertama banjir, agus menambahkan, pihaknya telah melakukan pendataan terhadap korban banjir dan akan memberikan bantuan logistik kepadsa korban banjir serta akan mendirikan posko banjir.

“Kita akan mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir, serta akan membagikan sembako dan apabila diperlukan kita bekerjasama dengan pihak terkait seperti, PMI, Dinas Sosial dan BSDA akan mendirikan posko darurat banjir,” pungkasnya.(MJ-23)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar