Belum Ada Pembebasan Lahan, Pelaksanaan Normalisasi Kali Beringin Tak Jelas

SEMARANG – Pengerjaan proyek normalisasi Kali Beringin di wilayah Mangkang Kota Semarang yang tiap kali musim hujan kerap meluap dan banjir masih belum jelas. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana menyatakan pengerjaannya masih ditunda.

normalisasi kali beringin
Bantaran sungai Kali Beringin yang masih dipenuhi rumah warga menjadi kendala dilaksanakannya normalisasi. (foto: metrojateng/Masrukhin Abduh)

Kepala BBWS Pemali-Juana Ruhban Ruzziyatno mengatakan, proyek normalisasi Kali Bringin sebenarnya sudah dianggarkan sebesar Rp 122 miliar. Namun untuk pengerjaannya saat ini ditunda karena masih terkendala dengan pembebasan lahan.

‘’Kami sebenarnya sudah siap menganggarkan dana untuk normalisasi Kali Beringin sebesar Rp 122 miliar. Namun kendalanya pembebasan lahan,’’ ujarnya, Jumat (13/7).

Di lokasi, menurutnya masih banyak berdiri bangunan warga di samping kanan-kiri sepanjang bantaran Kali Bringin. Masalah sosial ini belum clear, sehingga belum bisa dikerjakan. ‘’Masih kita tunda,’’ katanya.

Padahal jika masalah pembebasan lahan ini sudah diselesaikan oleh Pemerintah Kota Semaran, Ruhban menegaskan proyek senilai ratusan miliar itu pasti bisa segera dilaksanakan.

‘’Sebab, anggarannya harus melalui persetujuan Menteri Keuangan. Sedangkan salah satu persyaratannya adalah masalah pembebasan lahan harus sudah clear’’, tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

6 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.