Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Belasan Kelompok Meriahkan Festival Tari Rakyat Boyolali

Belasan Kelompok Meriahkan Festival Tari Rakyat Boyolali


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 425
Salah satu kelompok peserta saat tampil dalam festival tari rakyat dalam rangka HUT ke-69 Kemerdekaan RI di Boyolali. Foto Metro
Salah satu kelompok peserta saat tampil dalam festival tari rakyat dalam rangka HUT ke-69 Kemerdekaan RI di Boyolali. Foto Metro

BOYOLALI – Festival tari takyat yang berlangsung di lapangan Desa Winong, Kecamatan Boyolali Kota Kamis (14/8/2014) berlangsung meriah. Acara yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Boyolali ini untuk memperebutkan trofi Bupati Boyolali.

Kepala Disbudpar Boyolali, Mulyono Santoso, mengatakan kegiatan ini digelar untuk memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan RI. Sekaligus untuk melestarikan seni tradisional khususnya seni tari rakyat yang hidup dan berkembang di wilayah Boyolali.

Selain itu juga untuk memberikan ruang bagi kelompok kesenian ini tampil. Sehingga, bisa memberikan ruang pembinaan bagi kelompok kesenian yang ada di desa-desa.

“Dengan kegiatan ini mereka juga merasa mendapatkan perhatian sehingga lebih bersemangat menjaga kelangsungan seni tradisi di desanya masing- masing,” ujar Mulyono Santoso kepada wartawan.

Diakui, seni tari rakyat berkembang baik terutama di kawasan lereng gunung Merapi-Merbabu di Boyolali. Hampir di setiap desa di wilayah Kecamatan Selo, Cepogo, Musuk dan Ampel terdapat kelompok seni tari rakyat. Bahkan, beberapa kelompok sering tampil dalam berbagai event di luar daerah, di Solo, Jakarta, Bali dan lainnya.

Festival seni tari rakyat ini sudah merupakan event tahunan sejak beberapa tahun lalu. Digelar satu tahun sekali, untuk melestarikan budaya kesenian tari rakyat yang ada di Boyolali. Festival tersebut diikuti belasan kelompok kesenian dari seluruh wilayah Boyolali. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar