Begini Serunya Anak-anak di Karimunjawa Kalau Bikin Wayang Rotan

JEPARA – Puluhan anak di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara membuat wayang dari bahan rotan. Tangan mereka terlihat menganyam rotan meski sambil gojek ala anak-anak.

Puluhan anak di Karimunjawa ikuti workshop wayang rotan. Foto: metrojateng.com

Kegiatan workshop membuat wayang rotan “memanfaatkan bahan alami menjadi mainan” kali ini berkat kerja bareng Komunitas Pojok Kidul, Rumah Aksara Wilis Bersaudara dan Yayasan Pitulikur Pulo.

Rotan menjadi salah satu komoditas industri kreatif di Kabupaten Jepara. Sehingga mudah untuk dikenalkan kepada masyarakat, terutama anak-anak.

“Wayang rotan muncul dari gagasan Rumah Aksara Wilis Bersaudara yang beralamat di Kecamatan Welahan. Sudah beberapa kali memberikan workshop pada anak-anak di Jepara. Kali ini di Karimunjawa,” ujar Wikha Setiawan, penggagas Rumah Aksara Wilis Bersaudara,¬†Sabtu (21/7).

Menurutnya, Karimunjawa yang sudah menjadi destinasi wisata unggulan di kabupaten ini, sehingga perlu dikembangkan unsur lain supaya lebih menarik.

“Bukan hanya wisata alam, bisa jadi wisatawan yang datang dapat menikmati hal lain dari ide kreatif masyarakat. Ya meski hanya sepele, wayang rotan, tapi harapan ke depan anak-anak ini bisa terasah ide atau gagasan kreatifnya,” lanjutnya.

Ketua Yayasan Pitulikur Pulo, Djati Utomo menambahkan bahwa kegiatan workshop wayang rotan setidaknya dapat membantu dalam upaya pembentukan karakter anak-anak di Karimunjawa.

“Kemajuan wisata di Karimunjawa memang perlu dibarengi dengan pengembangan SDM masyarakat. Karena Karimunjawa bukan hanya wisata alam, tapi juga karakter masyarakatnya yang menjaga budaya,” kata dia.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.