Begini Cara Mengendarai Motor Trail yang Benar

Test Ride Honda CRF 150L oleh para jurnalis, jumat (8/12). Foto: metrosemarang.com/ ade lukmono

 

 

SEMARANG – Mengendalikan motor trail di medan off road sangat berbeda dengan mengendarai motor di jalanan aspal. Pengetahuan dasar wajib dikuasai para rider untuk dapat melintasi rintangan yang berupa tikungan, tanjakan, turunan bahkan melompat dan menhindari jatuh dari kendaraan.
Supervisor Safety Riding and Product Knowledge Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto menjelaskan, untuk menjaga kestabilan pengendara di atas motor, posisi duduk pengendara harus mendekati tangki agar sikap siku bisa terbuka sehingga tidak lurus dan kaku. Lutut juga harus menjepit tangki jika dalam kondisi melaju normal.
“Untuk kondisi menikung tajam ke kiri, kaki kiri diturunkan lurus dengan garpu depan sedangkan kaki kanan tetap menempel tangki. Badan diarahkan untuk condong ke kanan agar seimbang. Untuk tikungan ke kanan, bisa dilakukan sebaliknya,” katanya, Jumat (8/12).
Dia menambahkan, sesaat sebelum tanjakan, posisi badan diangkat dan kepala lurus dengan lampu depan. Hal itu dilakukan agar ban depan tidak naik dan melompat saat menaiki jalan menanjak.
“Jika menghadapi turunan setelah tanjakan tersebut, posisi tubuh segera ditarik ke belakang untuk menjaga keseimbangan motor saat mendarat,” pungkasnya. (ade)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 36 = 43

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.