Bank Indonesia Siapkan Uang Baru Lebih Banyak 14 Persen dari Tahun Lalu

SEMARANG – Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI) menyiapkan uang baru untuk kebutuhan lebaran lebih banyak daripada tahun lalu. Nilai uang yang akan disiapkan yakni sebesar Rp 23,2 triliun.

Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah mendistribusikan uang baru ke perbankan untuk kebutuhan Lebaran. Foto: anggun puspita

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 14% daripada tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut karena untuk mengantisipasi libur panjang lebaran yang mencapai 12 hari.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, upaya ini untuk menyediakan uang tunai bagi masyarakat yang membutuhkan pecahan kecil. Selain sekarang penggunaan uang nontunai sudah mulai meningkat.

‘’Uang tersebut akan tersebar di empat kantor Bank Indonesia di Jawa Tengah yakni Semarang, Purwokerto, Tegal dan Solo. Untuk Semarang sendiri kami siapkan Rp 9,7 Triliun,’’ katanya.

Uang Pecahan Beredar (UPB) yang paling banyak dibutuhkan adalah Rp 100.000, sedangkan Uang Pecahan Kecil (UPK) yang paling banyak dibutuhkan adalah Rp 20.000.

Bank Indonesia Jawa Tengah juga akan melaksanakan beberapa program kerja untuk menjaga ketersediaan kebutuhan uang di masyarakat baik pecahan besar maupun pecahan kecil serta meningkatkan pelayanan penukaran uang bagi masyarakat.

Ponco menjelaskan, pelayanan pemenuhan kebutuhan lebaran oleh Bank Indonesia kepada perbankan dilayani mulai tanggal 14 Mei sampai dengan 16 Juni 2018. Pelaksanaan kerja sama penukaran oleh perbankan pada minggu ke II dan III di bulan Ramadan setiap Selasa sampai dengan Kamis.

“Tahun lalu kami bekerja sama dengan perbankan di awal puasa membuka konter layanan penukaran uang di tempat strategis. Sesuai rencana, nanti di Stadion Tri Lomba Juang Semarang,” katanya.

Dengan penukaran uang baru ke bank-bank tersebut, masyarakat tidak perlu melakukan penukaran uang di pinggir jalan yang tidak dijamin keasliannya dan jumlahnya.

“Masyarakat cukup datang ke bank yang dekat ke lokasi rumah dan tidak dipungut biaya gratis,” tandasnya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

4 + 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.